Simulasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) Kemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar simulasi Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2021 pada tanggal 14-16 Agustus 2021. Simulasi ini bertujuan untuk mencoba sistem aplikasi yang akan digunakan KSMO pada tanggal 21-23 Agustus 2021 bertempat di MAN Temanggung, Sabtu (14/08).

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Sugijarto menyebutkan proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan KSMO 2021.

“Pelaksanaan KSMO Tahun 2021 dilakukan sistem aplikasi dan dilakukan secara online pada tanggal 21-23 Agustus, Hal ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi atas seluruh dukungan madrasah di Temanggung yang berkontribusi dan mendaftarkan peserta didiknya yang dianggap layak untuk menjadi utusan satuan pendidikan.

Ahmad Sugijarto mengharapkan masing-masing Kepala Madrasah (Kamad) memantau simulasi KSM yang dilakukan secara online. Sesuai jadwal simulasi dilakukan secara berjenjang dari 14 Agustus 2021 untuk MA, 15 Agustus 2021 untuk MTs dan 16 Agustus 2021 untuk MA. “Semoga pelaksanaan KSMO kedepan akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” harapnya.

Panitia Simulasi KSMO Musrifah, pengawas madrasah menyampaikan pelaksanaan simulasi tanggal 14 Agustus untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) dengan mata pelajaran yang disimulasikan adalah matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, geografi terintegrasi serta ekonomi terintegrasi. Dilaksanakan dalam tiga sesi yaitu sesi 1 untuk matematika terintegrasi jumlah peserta 16 orang, dan biologi terintegrasi dengan jumlah peserta 12 orang, sesi 2 untuk fisika terintegrasi dengan jumlah peserta 11 peserta dan kimia terintegrasi dengan jumlah peserta 16, sedang sesi 3 untuk geografi terintegrasi dengan jumlah peserta 15 orang dan ekonomi terintegrasi dengan jumlah peserta 15 orang.

Pelaksanaan simulasi di pusatkan di MAN Temanggung namun ada beberapa madrasah yang melaksanakan simulasi di madrasahnya sendiri.

Pelaksanaan Simulasi tanggal 15 Agustus 2021 untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan Mata Pelajaran yang disimulasikan adalah matematika terintegrasi, IPA terintegrasi dan IPS terintegrasi. Simulasi Tk MTs dilaksanakan dalam tiga sesi yaitu sesi 1 untuk matematika terintegrasi dengan peserta 28 orang, sesi 2 untuk IPA terintegrasi dengan peserta 27 orang dan untuk sesi 3  untuk IPS terintegrasi dengan jumlah peserta 28 orang. Pelaksanaan simulasi di pusatkan di MTs N 1 Temanggung namun ada beberapa madrasah yang dilaksanakan simulasi di madrasah sendiri. Sedang pelaksanaan simulasi tanggal 16 Agustus 2021 untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan mata pelajaran matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi. Simulasi Tk MI secara nasional dilaksanakan dalam 4 sesi, khusus untuk Kabupaten Temanggung masuk dalam sesi 2 dan sesi 4. Sesi 2 untuk mata pelajaran matematika terintegrasi dengan jumlah peserta 118, sesi 4 untuk mata pelajaran IPA teritegrasi dengan jumlah peserta 118. Pelaksanaan Simulasi MI dilaksanakan di 16 titik yatu di MIN 1 Temanggung, MI Maarif Unggulan Sumur Blandung, MI Gondosuli, MI Danupayan, PPAI Kecamatan Kedu, MI Manbaul Huda Purwodadi, MI Salafiyah Prapak Kranggan, MIM Kalibanger, MI Adipatisindurejo, Kantor PPAI Kecamatan Kandangan, MI Kebumen, MI Soborejo 1, MIN 2 Temanggung, MTs Al Hidayah Wonoboyo, MI Al Maarif Tempelsari, MI Al Iman Ganduwetan. Selama simulasi Peserta diawasi secara virtual oleh Pengawas KSMO dan didampingi oleh teknisi lokal ditiap titik pelaksanaan.(sr/bd)