Simulasi Sebagai Uji Coba Aplikasi

Temanggung – Gladi Bersih atau juga bisa disebut simulasi 3 UNBK dilakukan setelah terlaksananya simulasi 1 dan simulasi 2. Simulasi dilakukan sebagai sarana latihan Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi sekolah yang baru mengikuti UNBK pada tahun ini.

Selain itu, simulasi juga dilakukan sebagai uji coba aplikasi apakah sudah berjalan dengan baik atau masih perlu ada penyempurnaan. Sehingga nanti ketika UNBK utama tidak terjadi sistem error pada aplikasi UNBK hal tersebut dikatakan oleh kasi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,  Haryatingingsih, Selasa (12/3) bertempat di MTsN I Temanggung.

Sejumlah siswa pendidikan kesetaraan Paket C, tampak serius mengerjakan soal saat mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satu peserta simulasi UNBK,  mengatakan mengikuti simulasi UNBK merupakan hal baru karena selama mengenyam pendidikan formal dan nonformal belum pernah dilakukan. Menurutnya, ujian menggunakan komputer adalah ilmu baru dan pembelajaran berharga sehingga mendapatkan manfaat sebelum mengikuti UNBK sesungguhnya. "Sangat penting ikut simulasi UNBK ini, kalau tidak ada latihan mengoperasikan komputer, bisa-bisa pada saat UNBK sesungguhnya nanti bisa tidak bisa menjawabnya," katanya.

Hal senada dikatakan Mat Saidin menurutnya, dalam mengerjakan soal pada simulasi UNBK harus benar-benar dikerjakan agar mendapatkan hasil yang baik kendati tidak menjadi penilaian sekolah. dan berharap pada UNBK sesungguhnya kelak lulus dengan nilai memuaskan, sehingga ijazah dapat digunakan untuk mencari  jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mencari pekerjaan yang lebih baik.

Mudah-mudahan melalui simulasi dan sampai dengan ujian yang sebenarnya nanti dapat menjawab soal dengan baik, sehingga nilainya pun baik juga," ujarnya.

Sementara Pimpinan Pondok Al Hidayah Prapak Kranggan, Nukman Dimyati menuturkan para peserta cukup antusias mengikuti simulasi kendati masih ada yang belum terbiasa mengoperasikan komputer. "Peserta cukup aktif mengerjakan soal-soal pada saat simulasi ini. Semoga saja semua berjalan lancar hingga UNBK sesungguhnya. Saya melihat dengan keseriusan mengerjakan soal merupakan suatu cermin bahwa mereka benar-benar tulus untuk menyelesaikan pendidikan Paket C di sini," ucapntya.

Sejak awal jadwal simulasi sudah diumumkan tanggal pelaksanaanya, tetapi khusus untuk simulasi 3 / Gladi Bersih ini mengalami revisi pelasakanaan. Info revisi jadwal Gladi Bersih / Simulasi 3 disampaikan melalui akun web UNBK dan hanya proktor dan teknisi yang bisa mengakses web UNBK

Hari ini pelaksanaan gladi bersih simulasi UNBK untuk penyelenggara Program Paket C pada pondok pesantren. Dilaksanakan di MTs  Negeri 1 Temanggung. Diikuti oleh kurang lebih 52 peserta dari program paket C Ponpes Al Hidayah Prapak Kranggan Temanggung.(sr/rf)