Simulasi UNBK, sarana mengukur kemampuan siswa

Rembang — Sebagai salah satu peserta UNBK dan UAMBN-BK, MA NU Lasem mengadakan kegiatan simulasi. Pelaksanaan simulasi UNBK sudah digelar 2 kali, Simulasi I digelar pada bulan Desember, sedangkan simulasi 2 UNBK dilaksanakan tanggal 28 – 31 Januari 2019. Adapun mata pelajaran mencakup Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Sosiologi atau Geografi sebagai pelajaran pilihan. Sedangkan simulasi 1 UAMBN-BK juga sudah dilaksanakan kemarin tgl 21- 23 januari 2019. 

Kegiatan simulasi dilaksanakan di laboratorium MA NU Lasem dan diikuti oleh 27 siswa kelas XII jurusan IPS.

“Alhamdulillah, kegiatan simulasi hari ini berjalan lancar meski, saat sinkronisasi ada sedikit keterlambatan karena pengaruh jaringan yang down banyak yang mengakses. Tetapi secara garis besar lancar. Perlengkapan baik perangkat lunak maupun perangkat keras sudah tersedia,” ujar Kepala MANU Lasem, Saidah.

Saidah mengatakan, tujuan diadakannya simulasi adalah agar siswa mampu mengetahui kemampuan mereka masing-masing sehingga dapat meningkatkan intensitas belajar. Selain itu, guru mapel dapat menentukan strategi yang tepat dalam peningkatan kemampuan siswa untuk mengerjakan soal-soal.

“Saat ini guru telah membekali siswa sesuai dengan SKL dan penambahan materi melalui les secara intensif,” ucap Saidah.

Untuk diketahui,  MANU Lasem baru melaksanakan CBT di laboratorium MANU Lasem sendiri secara mandiri. Tahun sebelumnya, pelaksanaan di laboratorium SMK NU Lasem. — dwi/iq/bd