Sinergi Baznas dalam Mengentaskan Kemiskinan

Salatiga – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga Fahrudin  mengatakan  agar dana ZIS (Zakat, Infak, Sedekah ) dapat tersalurkan sesuai dengan syariat yang ada yakni tepat sasaran pada orang yang berhak menerimanya, seperti ZIS diberikan kepada fakir miskin. Hal itu disampaikan Kepala Kemenag pada Rapat Koordinasi Pembinaan Baznas Salatiga diselenggarakan Pemerintah Kota Salatiga melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra Gedung Setda Lt. III Salatiga, Jum’at, (11/01).

Hadir pada kesempatan itu Sekda Salatiga, Asisten I Pemerintah, Kepala Kemenag, Kabag Kesra, Penyelenggara Syariah Kemenag, Humas Kemenag dan Ketua Baznas beserta Pengurus Baznas Kota Salatiga

“Kita harus teliti dalam menentukan mustahik agar dana zakat itu tepat sasaran, juga kita harus terus mencari potensi-potensi zakat yang belum tersentuh sehingga target penerimaan ZIS tahun ini bisa tercapai,” tuturnya.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah kota Salatiga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Salatiga melalui pembangunan yang adil dan berkelanjutan.

Ditambahkan oleh Fahrudin bahwa Pemerintah kota Salatiga sangat mendukung upaya-upaya mewujudkan kemandirian masyarakat dengan menggali potensi dan menggerakkan kewaspadaan masyarakat sebagaimana yang dilaksanakan Baznas kota Salatiga.

“Oeh karena itu, saya menyambut baik dengan dilaksanakan rakor ini. Saya berharap para peserta dapat menggunakan kesempatan rakor ini dengan sebaik-baiknya dan mampu memberi masukan bagi pemantapan intensifikasi penghimpunan ZIS dan fungsi Baznas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik dari segi pengumpulan dan pendistribusian atau pentasyarufan,” ujar Fahrudin.

Selanjutnya Sekda Salatiga Fatkurroji mengatakan memberikan apresiasi kepada pihak Baznas yang telah mendukung dan mensukseskan program program yang ditetapkan dan dilaksanakan oleh pihak Pemerintah kota Salatiga.  Hal tersebut merupakan sebuah upaya untuk memperkuat jalinan kerjasama antara Pemkot dengan pihak Baznas demi kesejahteraan umat .

“Oleh karena itu, kerjasama dan dukungan pemerintah kota Salatiga terhadap Baznas di Salatiga sangat diperlukan. Rakor ini diharapkan menghasilkan resolusi dan ekspektasi pencapaian terbaik kinerja Baznas,” kata Fatkurroji.

Rakor dilanjutkan dengan pemaparan program kerja Baznas dan evaluasi program-program yang telah dilaksanakan oleh Ketua Baznas kota Salatiga. (KK/gt)