Sinergi Dengan Perguruan Tinggi, Sarana Tingkatkan Kompetensi Siswa

Surakarta – Untuk mengembangkan kompetensi para siswanya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta terus melakukan suatu terobosan. Salah satunya dalam bentuk kegiatan studi dan praktikum di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Program kegiatan yang telah dilaksanakan pada  (13-14/3) itu menurut koordinator program Boarding School-Fullday, Rusdi Mustapa, diikuti oleh siswa dan siswi kelas 10 Boarding School-Fullday.

“Siswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 219 orang. Terdiri dari kelas 10 IPA 1 – 3 Boarding School, kelas 10 IPA 4 – 5 Fullday, dan 10 IPS 1 – 2 Fullday,” terang Rusdi.

Untuk program IPA, lanjut Rusdi, mengadakan kegiatan praktikum di laboratorium terpadu UNS sedang program IPS di program geografi FKIP UNS. Siswa kelas 10 IPA fullday mengadakan praktikum, sedang kelas 10 IPA boarding school dan kelas 10 IPS fullday . Masing-masing didampingi oleh guru pendamping sesuai dengan bidang masing-masing.

Siswa program IPA mengadakan praktikum fisika, kimia, dan biologi dibawah asistensi tim dosen dan mahasiswa Fakultas MIPA UNS. Materi yang diberikan disesuaikan dengan mata pelajaran yang telah diajarkan di bangku madrasah. Sedang siswa program IPS mengadakan praktikum di laboratorium geografi dengan materi pengenalan GPS, membaca peta, membuat peta dan penginderaan jauh.

“Masing-masing siswa wajib menyusun laporan sebagai bagian dari pertanggungjawaban ilmiah dari kegiatan yang telah dilakukan”. lanjut Rusdi.

Slamet Budiyono, selaku kepala MAN 1 Surakarta dalam sambutannya mengatakan bahwa sinergisitas madrasah dan Perguruan Tinggi adalah tema besar kegiatan ini. 

Salah satu kunci keberhasilan madrasah dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, menurut Budiyono, adalah menjalin relasi yang konstruktif dengan stakeholder, dalam hal ini perguruan tinggi.

“Kami berkomitmen menjalin sinergi yang harmonis dengan perguruan tinggi sebagai sarana meningkatkan kompetensi siswa,” kata Budiyono.

Oleh karena itu, lanjut Budiyono, sinergisitas ini sangat diperlukan di era saat ini karena dapat memberikan warna bagi pengembangan madrasah.

Agar berjalan dengan harmonis, lanjutnya, MAN 1 Surakarta telah menandatangani kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, untuk pengembangan kompetensi siswa. (rusdi-rma/bd)