Sinergitas dan Penyamaan Persepsi Rakor Lintas Sektoral Menghadapi Natal dan Tahun Baru

Salatiga – Dalam rangka persiapan pengamanan natal 2018 dan Tahun baru 2019 di wilayah  Kota  Salatiga, jajaran Polres Salatiga gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral bersama Instansi terkait bertempat di Pendopo Polres Salatiga, Jum’at (14/12).

Pergelaran rakor dipimpin langsung oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto dan dihadiri Forkompinda, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), OPD, Camat, Lurah, FKUB, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di Kota Salatiga.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Fahrudin mengatakan terkait situasi dan kondisi saat ini menyongsong hari raya natal 2018 dan tahun baru 2019. Kita perlu mengantisipasi adanya ancaman dari kelompok tertentu yang akan mengancam  keamanan dan ketertiban wilayah Kota Salatiga, apalagi tahun ini tahun politik. Berkenaan dengan hal tersebut perlu adanya penguatan toleransi dari semua pihak.

“Untuk  terus meningkatkan toleransi guna mempertahankan keamanan dan kondusivitas Kota Salatiga yang terkenal sebagai kota tertoleran se Indonesia diperlukan  kerjasama semua pihak dan masyarakat untuk bisa bersama-sama selalu sinergitas dan koordinasi dalam penyamaan persepsi sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan satu tujuan tercapainya situasi keamanan yang kondusif bagi masyarakat Kota Salatiga,” kata Fahrudin.

Fahrudin berharap pada saat memperingati tahun baru diharapkan  kepada masyarakat untuk tidak melakukan perayaan secara berlebihan pada malam pergantian tahun baru nanti.

“Akan Lebih baik pada saat menyambut malam tahun baru dilakukan kegiatan doa di Masjid maupun tempat tempat ibadah lainnya,” harap Fahrudin.

Ditambahkan oleh Fahrudin, untuk jumlah tempat ibadah yaitu gereja di Salatiga ada 94 yang akan melaksanakan ibadah natal, untuk itu perlu adanya pengamanan dari yang berwenang. (KK/gt).