Sisemah Maskot PPSN 2018

Jambi (Inmas) – Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tahun 2018 merupakan satu rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dalam rangka peringatan Hari Santri 2018. PPSN V ini digelar oleh Kementerian Agama, mulai tanggal 24 – 30 Oktober 2018 mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti – Musa Sungai Gelam, Muaro Jambi, Jambi.

Sisemah menjadi maskot dalam even nasional ke-5 tahun 2018 ini, lantas, siapakah Sisemah itu? Menurut Kepala Subdirektorat PD Pontren, Basnang Said, Sisemah merupakan ikon yang dibuat dari animasi gambar Ikan Semah, ikan yang menjadi kekayaan perairan di Provinsi Jambi.

“Sisemah sebagai ikon PPSN V diilustrasikan sebagai sosok kader pramuka, generasi muda yang menebar kedamaian untuk Indonesia yang kuat dan berkarakter, sekaligus sebagai satu rangkaian dalam peringatan Hari Santri tahun 2018. Oleh karenanya, tema kegiatan ini pun tak jauh dari tema Hari Santri, yakni 'Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter',” urai Basnang saat melakukan surver lokasi pembukaan di Bumi Perkemahan, Rabu (24/10).

“Sisemah merupakan singkatan dari Santri Inovatif, Santri Edukatif, Mandiri dan berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Diterangkan, saat ini, ikan Semah tergolong langka. Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan mas ini populer sebagai bahan pangan kelas tinggi. Ikan Semah menjadi langka karena pola pengembangan budidayanya yang tergolong sulit.

“Dengan dijadikannya ikan Semah sebagai maskot kegiatan PPSM V ini, akan dapat mengenalkan ikan khas dari Jambi kepada peserta PPSN se-Indonesia,” pungkasnya.

Rencananya pembukaan PPSN V sedikitnya akan dihadiri 5.000 ribu orang serta akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis, 25 Oktober 2018. (gt/gt)