Siswa dan Guru MAN 1 Sragen Berprestasi pada Lomba Essay Nasional

Sragen – MAN 1 Sragen tidak pernah berhenti untuk meraih prestasi, itulah keadaan yang menggambarkan prestasinya pada Bulan Maret ini. Setelah mengikuti “Lomba Pemilu Vokalia” dan menjadi juara, sehari berikutnya Kamis (16/03) kembali mengikuti Lomba Essay Tingkat Nasional.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu  rangkaian acara Dies Natalis ke-41  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Lomba yang diadakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UNS ini mengadakan Lomba Menulis Esai tingkat Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh 245 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan pelajar dari berbagai kota se-Indonesia bertempat di Auditorium UNS.

Lomba tersebut terbagi dalam tiga kategori yakni SMP/MTs sederajat, SMA/SMK/ MA sederajat, serta mahasiswa, dengan peserta terbanyak berasal dari jenjang SMA/SMK/MA sebanyak 177 peserta.

Mengutip dari uns.ac.id, Achmad Nur Chamdi, selaku ketua panitia mengungkapkan, “kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya menulis dan menumbuhkan ide-ide inovatif dan kreatif dalam upaya mengembangkan budaya literasi”.

Dalam lomba tersebut dilakukan dua kali seleksi. Peserta terlebih dahulu harus mengirimkan abstrak karyanya dan dinilai dewan juri, kemudian peserta yang karyanya lolos seleksi awal tersebut didatangkan dalam lomba menulis secara on the spot. Hal ini dilakukan sebagai salah satu pencegahan terjadinya plagiatisme dan memacu peserta untuk mampu menghasilkan karya tulis

Pada lomba tersebut MAN I Sragen diwakili Ananda Siwi Nur Rochmah , siswa kelas XI berhasil meraih Juara Harapan I dan berhak mendapat piagam dan tropy dari rektor UNS.

Selain memperoleh juara harapan 1, MAN 1 Sragen juga mendapat penghargaan Pembimbingan Teraktif yang diberikan kepada pembimbing sekaligus Kepala Koordinator Perpustakaan MAN I Sragen Hj. Masruroh.

Pada kesempatan setelah lomba usai, Sumiran, Kepala MAN 1 Sragen mengungkapkan rasa syukur dan selamat kepada yang berprestasi. “Alhamdulillah MAN 1 Sragen terus berprestasi, selamat kepada Ananda dan Bu Masruroh, semoga prestasinya dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Kepada yang lain semoga prestasi ini bisa ditiru, agar MAN 1 Sragen semakin kaya prestasi,” ujarnya.(mir-ira1/Wul)