Siswa Kelas XI MAN Batang Ikuti Gladi Bersih ANBK

* Suasana simulasi ANBK di MAN Batang diikuti dengan seksama oleh siswa kelas XI

Batang – Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tahun 2021 sebentar lagi akan berlangsung sekitar akhir bulan September. Sedangkan pelaksanaan Try Out ANBK/AKM akan berlangsung selama 2 hari, yaitu Senin dan Selasa, 13 dan 14 September 2021. Menyikapi pelaksanaan Try Out tersebut, MAN Batang menyelenggarakan simulasi ( geladi bersih ) ANBK pada Rabu-Kamis (8-9/09) yang lalu. Simulasi diikuti 45 siswa – siswi kelas XI MAN Batang yang dipilih secara acak oleh Kemendikbud pusat secara bergilir.

Waka Kurikulum MAN Batang Zinati Jumah dalam keteranganya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan gladi tersebut adalah agar siswa – siswi kelas XI tidak canggung atau ragu – ragu, bahkan bisa jadi tidak mengerti sama sekali ketika mengerjakan ANBK/ AKM.

 “Dengan simulasi ini harapanya para siswa saat pelaksanaan AKM yang sesungguhnya sudah mampu dan terampil menghadapi soal dan mengerjakannya melalui computer,” katanya.

Dia menambahkan meskipun hanya simulasi atau geladi bersih, anak – anak tampak serius dan antusias mengikuti program yang diselenggarakan itu. Terbukti anak – anak kelas XI setengah jam sebelum gladi dimulai mereka sudah menunggu di saung tempat baca yang terletak di depan laboratorium komputer, tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Menurut Tofaeni, yang bertugas sebagai operator, jadwal simulasi hari pertama adalah literasi, dan hari kedua numerasi. Jumlah soal 36 dibagi menjadi 3 stage. Kemudian, setelah selesai mengerjakan 36 soal tersebut, siswa diberi angket yang berjumlah 4 soal.

“ Simulasi kali ini dibagi menjadi dua hari pertama adalah letersi sedangkan hari ke dua adalah numerasi dimana jumlah soalnya sekitar 36 yang terbagi menjadi 3 stage,” kata Tofaeni.

* Para siswa kelas XI MAN Batang sangat serius mengikuti simulasi ANBK di ruang komputer

Sementara itu Kepala MAN Batang H.A.M. Alwi dalam keteranganya mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga melihat keseriusan anak kelas XI, meskipun ini baru simulasi, menurutnya keseriusan ini insyaallah akan membuahkan hasil pada saat kegiatan sesungguhnya.

“ Secara pribadi saya sangat bangga dengan siswa – siswi MAN Batang, mereka sangat patuh dan disiplin,meskipun baru simulasi keseriusan mereka sangat terlihat, semoga ini akan memicu hasul maksimal di kegiatan aslinya,” ujar H.A.M.Alwi

Dia juga menambahkan dengan kesigapan mereka mengikuti geladi tersebut, diharapkan pada saat Try Out atau AKM yang sesungguhnya nanti, anak – anak kelas XI juga sigap dan tidak mengalami kesulitan yang berarti.( Zaky/Zy )