Siswa Madrasah Harus Kuasai Agama dan Sains

Kendal – Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) harus membuktikan pada masyarakat bahwa mereka selain mendalami bab ilmu keagamaan juga harus menguasai sains atau ilmu pasti, ini selaras dengan slogan yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah.

Demikian dikatakan Pengawas Sekolah Madya Kantor Kemenag Kabupaten Kendal Nurul Khotimah dalam memberikan semangat dan dukungan kepada kontingan MI yang mengikuti kegiatan Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat Kecamatan bertempat di Kangkung Kendal, Rabu (08/03).

“Siswa madrasah selain pandai ilmu agama juga harus menguasai sains,” pesan Nurul.

Kegiatan OSN yang pembukaannya dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kaliyoso ini diikuti ratusan siswa dan guru  dari 35 Sekolah yang terdiri dari 28 SD dan 7 MI dengan mempertandingkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Supartono yang diwakili oleh pengawas berpesan kepada peserta agar berkompetisi secara sehat, mengutamakan sportifitas dibandingkan hasil akhir karena poin yang ingin dicapai bukan sekedar menang tapi juga berakhlak mulia.

“Diatas kemenangan ada tujuan yang lebih tinggi yaitu akhlak mulia,” pesan Supartono.

Lebih lanjut ia berharap, agar siswa yanag berlomba menjadi generasi yang cerdas dan pintar yang menguasai ilmu pengetahuan dan agama guna menjadi generasi penerus yang bisa membangun bangsa dimasa mendatang.

Salah satu komponen yang membuat sebuah lomba menjadi baik adalah juri yang menjunjung tinggi fair play, sehingga kepada para juri Ia berharap agar berlaku profesional dalam memberikan penilaian dan tidak condong kepada kontingen tertentu karena kedekatannya.

“Kepada dewan juri, kami harapkan profesionalismenya dalam memberikan penilaian,” pungkasnya (nk-ja/gt)