Siswa MAN 1 Surakarta Berjaya di Myres Bengkulu

Surakarta – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh siswa MAN 1 Surakarta. Kali ini dalam ajang Myres ( Madrasah Young Researcher Supercamp) tingkat nasional yang dihelat di Bengkulu, 23 – 25 September.

Adalah Salma Nabila Fausta dan Fidda Reini, dua siswi kelas 11 program keagamaan, berhasil meraih juara harapan dua untuk kategori penelitian bidang keagamaan. Mengangkat judul “Halal Cosmetic Awareness”, kedua siswi tersebut mampu memukau dewan juri. Prestasi ini terasa sempurna karena keduanya juga meraih predikat stand hasil penelitian terfavorit.

Menurut pendamping Myres, Alfian Faisal Yusni, prestasi ini sungguh diluar dugaan mengingat persaingan yang ketat sebelumnya.

“Alhamdulillah siswi kami lolos dari seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia. Ada 650 proposal yang masuk untuk selanjutnya disaring menjadi 45 proposal, yang berasal dari madrasah-madrasah terkemuka di Indonesia, dari 45 proposal disaring menjadi 6 proposal yang akan bertanding di Bengkulu,” papar Alfian.

Sementara itu bagi Salma dan Fidda, sepakat bahwa penelitian yang mereka lakukan dilatarbelakangi kondisi banyaknya wanita muslim yang belum mengetahui apakah kosmetik yang mereka gunakan halal atau tidak.

“Penelitian kami lakukan di kalangan siswi MAN 1 Surakarta dengan memberikan angket ke siswa. Hasilnya kemudian disusun dalam laporan. Kami merekomendasikan agar wanita muslim bisa lebih peduli dengan kosmetik yang mereka pakai apakah halal atau tidak,” kata keduanya.

Menurut Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, Prestasi kedua siswa tersebut sangat membanggakan dan kita sangat bersyukur dan mengapresiasi dengan prestasi keduanya.

“Budaya riset di kalangan siswa seyogyanya perlu dipupuk dan dikembangkan agar bisa menumbuhkan budaya riset di kalangan siswa. Myres menjadi pembuktian dari proses yang sudah dijalani siswa selama ini,” kata Budiyono. (rm-rma/bd)