Siswa MAN 1 Surakarta Ikuti Vaksinasi Dosis Pertama

Surakarta – Dalam upaya untuk mencegah penularan virus covid-19 sekaligus sebagai syarat pembukaan pembelajaran tatap muka, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta mengikuti kegiatan vaksinasi dosis pertama, Senin-Rabu (23-25/8) di RSUD Surakarta. Program vaksinasi ini sejalan dengan yang dicanangkan oleh Walikota Surakarta pada rabu (4/8), tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar usia 12-17 tahun di Kota Surakarta.

Menurut wakil madrasah bidang Humas Suharno, MAN 1 Surakarta melaksanakan vaksinasi setelah mendapat surat dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta.
“Alhamdulillah kami secara resmi mendapat undangan dari Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama. Mengingat kuota yang diberikan terbatas, maka kami mengambil kebijakan untuk memprioritaskan bagi siswa yang memiliki kartu keluarga (KK) Kota Surakarta sedang yang luar Surakarta diutamakan yang dekat madrasah,” kata Suharno. Ditambahkan, pelaksanaan vaksinasi dosis pertama ini bagi siswa kelas 10, 11, dan 12 setelah dipilih oleh madrasah. Adapun syaratnya adalah menyiapkan KK atau KTP .

Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama didampingi oleh guru yang ditunjuk madrasah. Mereka harus memastikan bahwa siswa yang akan divaksin sehat dan fit. Dalam pelaksanaannya, guru pendamping bekerjasama dengan tim RSUD Surakarta, terutama dalam menyebarkan undangan bagi siswa dan mendampingi dalam proses pendaftaran hingga pelaksanaan vaksinasi. Menurut salah satu guru pendamping, Prihantoro Eko Sulistyo, mereka sudah bersiap sejak pukul 07.00 hingga selesai.
“Dalam satu hari ada lima kelas yang mengikuti vaksinasi dengan jumlah siswa 150 orang. Untuk hari senin bagi siswa kelas 12, hari selasa kelas 11 dan hari rabu kelas 10. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” urai Prihantoro.

Sementara itu menurut salah satu siswa yang mengikuti vaksinasi, Galih Hanendra, sangat senang bisa mengikuti vaksinasi ini karena bisa menjadi proses menuju pembelajaran tatap muka.
“Awalnya saya takut tapi karena bertemu dengan teman-teman, jadi berani. Harapan saya semoga bisa segera pembelajaran tatap muka dan pandemi covid-19 segera berakhir,” ujar siswa kelas 10 IPA 7 ini.

Terkait vaksinasi dosis pertama ini mendapat apresiasi dari kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, yang berharap agar bisa berjalan dengan lancar.
“Harapan kita semua lancar sehingga menjadi awal untuk pembelajaran tatap muka. Selanjutnya kami tetap menunggu instruksi dari pemerintah terkait kapan siswa akan dimasukkan,” pungkas Slamet Budiyono. (rsd/my/bd)