Siswa MAN Blora Lolos Seleksi Akademi Madrasah Digital 2021

Blora – Tim Garuda MAN Blora berhasil lolos seleksi Akademi Madrasah Digital (AMD) Tahun 2021. AMD merupakan program sinergi dari Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag RI dengan PT. XL Axiata.

Ajang ini bertujuan untuk menyiapkan generasi Indonesia Unggul untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Peserta yang terpilih pada AMD ini sekitar 100 siswa se Indonesia.

Penilaian proposal dilakukan oleh tim profesional dari XL Axiata. Dari banyak proposal yang masuk pada panitia, namun hanya dipilih 20 proposal dari siswa madrasah se-Indonesia.Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan selama enam bulan penuh secara virtual mulai September  2021 hingga Februari 2022.

Melansir dari laman kemenag.go.id, peserta AMD tidak hanya dilatih tentang cara membuat alat canggih berbasis teknologi. Lebih dari itu, mereka akan ditempa oleh para pelatih profesional untuk menguasai dasar bidang Internet of Things dari sisi teknis dan bisnis.

Adapun tim Garuda dari MAN Blora yang lolos seleksi AMD tersebut terdiri dari lima orang yaitu Ayesha Islam Shafira, Prisma Mulia Ayu, Aulia Radinda Jamastian, Nafi’ah Syahrina Maaris dan Sa’idatil ‘Aqila dengan proposal mengusung tema Pendeteksi Kekeruhan dan pH pada Kolam Ikan Air Tawar Berbasis IoT.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri tentunya bagi Madrasah di bidang karya ilmiah. Alhamdulillah ini kita (red MAN Blora) masuk dalam seleksi AMD 2021 yang seleksinya ketat.” tutur Kepala MAN Blora saat dihubungi Humas Kemenag Blora, Senin (30/8).

Meskipun tahapan dan proses kegiatan masih panjang, Kepala MAN Blora, H. Sujito, S.Pd., M.Si memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada siswa tersebut.(nn/rf)