Siswa MI Panen Prestasi di Pesta Siaga

Rembang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah berharap madrasah terus mengasah bakat peserta didik dalam bidang Pramuka dan olahraga. Tak hanya bidang pengetahuan dan keilmuan saja, peserta didik harus mampu mengasah kecerdasan bersosial dan membentuk raga yang sehat.

Demikian dikemukakan Atho’illah menanggapi beberapa prestasi yang ditorehkan oleh siswa MI pada ajang Pesta Siaga dan Popda tingkat Kabupaten Rembang akhir pekan lalu.

Salah satu kejuaraan diraih oleh Madrasah Ibtidaiyah negeri Sale (MIN) Sale yang turut ambil peran dalam menyemarakkan perhelatan Pesta Siaga tingkat Kabupaten Rembang. Acara ini diselenggarakan oleh Kwartir Pramuka Cabang Rembang di alun-alun, Sabtu (25/02). 

MIN Sale yang berhasil membawa pulang peringkat Harapan I. MIN Sale menugaskan Gudep MIN Sale dengan nomor Gudep 04-056. Gudep ini sekaligus mewakili Kecamatan Sale.

Kepala MIN Sale, Sya’dullah mengatakan, meski tak mendapatkan juara tiga besar, namun tim yang tergabung dalam Barung Merah Putri Kwartir Ranting Kecamatan Sale ini sudah menunjukkan penampilan yang terbaik dengan semangat yang luar biasa.

“Intinya bukanlah prestasi. Namun kecintaan kepada tanah air yang diwujudkan dalam kegiatan Pramuka. Selain itu juga membentuk mental siswa MI dalam hubungannya kepada Tuhan, sesama manusia, dan alam sekitar,” papar Sya’dullah.

Ketua Majelis Pembina Kwarcab Rembang, Hasiroh Hafidz pada sambutan pembukaannya mengatakan, Pesta siaga ini digelar untuk menjalin tali persaudaraan dan silaturahim antar kwaran se-Cabang Rembang. Pesta siaga mempertandingkan 14 taman lomba. Antara lain taman ketaqwaan, kepribadian, taman kereta bola, serta taman seni dan budaya.

Pesta Siaga ini diikuti oleh 28 Barung, terdiri dari 14 Barung putra dan 14 Barung Putri dari seluruh Kwaran di Kwarcab Rembang. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz selaku Kamabicab, dan Ketua Kwarcab Rembang yang juga selaku Wakil Bupati Rembang, Bayu Andrianto.

Terpisah, MIN Sale juga mendapatkan kejuaraan di perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Popda) tingkat SD/MI se-kecamatan Sale. Berlangsung pada 23-24 Februari lalu, MIN Sale berhasil mendapatkan juara I lomba tenis meja Putra maupun putri. Selain itu juga juara III Bulutangkis Putri. Pada cabang lari 60 meter, kami juga mendapatkan juara meskipun hanya peringkat 4, kata Syadullah.

Pelaksanaan kegiatan yang digelar oleh UPT Dinas pendidikan Kecamatan Sale ini diadakan di beberapa tempat terpisah diantaranya SD 1 Sale, SD 2 Sale, Gedung KPRI Ngudi Makmur Sale, dan Lapangan Desa Sale.(ss/bd)