Siswa MIN Krincing Belajar Pengolahan Susu

Magelang – MIN Krincing mengajak para siswa kelas 3 untuk mengenal pengolahan susu ke Kedu Susu, di Kedu, kabupaten Temanggung, Kamis (16/3/2017). Kedu Susu merupakan wisata kedai produk olahan susu yang memiliki peternakan sendiri.

Kontributor MIN Krincing Arief Alfaizin, menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu sesuai tema pembelajaran akan bermanfaat dalam memperkuat konsep tentang apa di kelas.

“Melalui pembelajaran di luar kelas, MIN Krincing ingin para siswanya mendapatkan pengalaman nyata mengenai teori yang diajarkan di madrasah, salah satunya mengenal pengolahan susu,” kata Alfaizin.

“Tema pembelajaran hari ini berkaitan dengan makanan dan minuman dan topik yang dipilih adalah mengenal susu sebagai minuman sehat favorit anak-anak. Kedu Susu merupakan tempat yang tepat sesuai dengan tema itu, karena tempatnya yang tidak terlalu jauh,” lanjutnya.

Alfaizin menuturkan 59 siswa kelas 3 didampingi oleh Guru Pembimbing, mendapatkan pengenalan susu, manfaat susu, proses pasca panen susu, proses memerah sapi, sampai pengetahuan soal budidaya ternak sapi.  Selain bermain ke kandang sapi, anak-anak juga dikenalkan produk-produk hasil olahan susu sapi seperti yogurt, susu kefir, masker kefir, dan sebagainya di Kedai Mini.

“Anak-anak akan mendapatkan pengalaman, tidak mudah bisa dekat dengan hewan sebab kita harus menunjukkan kasih sayang kepada hewan tersebut. Kita mengajarkan bahwa kasih sayang terhadap makhluk Allah swt itu harus ditumbuhkan sejak dini,” lanjutnya.

Pemilik Kedu Susu Henry Herdiawan, menyampaikan bahwa anak sangat suka meminum susu, tetapi bagaimana susu itu dihasilkan sampai dapat dinikmati, hanya sebatas imajinasi saja.

“Setiap hari anak suka minum susu, dan tahu bahwa susu asalnya dari sapi. Tapi anak tahu sebatas wujud susu yang putih, dan bagaimana sapi bisa mengeluarkan susu itu hanya imajinasi anak,” kata Henry.

Menurut Henry, Kedu Susu sering dijadikan tujuan Wisata edukasi atau sering disebut  Field trip bagi siswa TK maupun SD. Selain wisata kuliner dan belanja oleh-oleh Yogurt Stick Susu, peternakan dan kesempatan memerah sapi perah menjadi unggulan Kedu Susu. (af-m45k-Af)