Siswa MIN Ringinanom Laksanakan Pratik Manasik Haji

Temanggung – Dalam rangka sosialisasi dan pembekalan ibadah haji bagi kalangan siswa, bekerjasama dengan KBIH Babussalam Temanggung maka MIN Ringinanom Parakan  Kabupaten Kabupeten Temanggung menyelenggarakan Praktek Manasik Haji bagi Siswa kelas V MIN Ringinanom Parakan Selasa (25/04) bertempat di Lingkungan Kampus STAINU Temanggung.

Kegiatan Praktek Manasik Haji dibuka oleh Kepala MIN Ringinanom Parakan, Nur Makhsus, dilanjutkan penyampaian materi Manasik Haji dari KBIH Babussalam.  Mereka para siswa sangat serius dan antusias mengikuti materi tersebut.

Kegiatan praktek manasik haji ini tentu sangat bermanfaat bagi siswa-siswi terutama bagi siswa siswi di Madrasah. “alangkah baiknya kalau seluruh Madrasah di semua jenjang dan tingkatan mengadakan kegiatan praktek manasik haji bagi seluruh siswa-siswinya,” ungkap Nur Makhsus.

Kegiatan praktek Manasik Haji ini dilaksanakan  untuk menunjang pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih pada materi praktik ibadah Haji dan Umroh, ini diungkapkan oleh koordinator kegiatan, M. Nur Fathoni.

Selesai penyampaian materi kemudian siswa melaksanakan kegiatan praktek Manasik Haji dipandu oleh KBIH Babussalam dan dibantu oleh beberapa dewan guru. Dimulai dari Ibadah Umroh yaitu Ihrom, sholat sunah ihrom, thowaf qudum, sholat sunah thowaf, sai dan tahalul

Kemudian para siswa pun diajarkan praktek Ibadah Haji; dimulai dari Ihrom, wukuf di padang Arafah, mabit di Muzdalifah sambil mengambil kerikil, kemudian mabit di Mina dan lempar jumrah Aqobah dan tahalul itulah yang disebut dengan tahalul awal. Kemudia para siswa mempraktekan untuk tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah lempar jumrah Ula, Wustho dan Aqobah di Mina. Selesai lempar jumrah di Mina para siswa melakukan praktek thowaf ifadloh yang merupakan thowaf rukun dalam ibadah haji. Selesai thowaf ifadloh para siswa melaksanakan saI dan diakhiri dengan gunting / cukur rambut (tahulul) yang disebut tahalul tsani. Maka selesailah sudah seluruh rangkaian ibadah haji haji tamatu yaitu mendahulukan umroh dan mengakhirkan haji.(mhs/Af)