Siswa MTs Negeri 2 Rembang Menerima Penghargaan Penulis Nasional

MTsN Rembang – Nyalanesia melalui Program Gerakan Sekolah Menulis Buku ber-ISBN memberikan Piagam Penghargaan kepada 50 Siswa MTs Negeri 2 Rembang. Program menulis yang berjalan sejak bulan April 2021 hingga Maret 2022 mendatang, selain menerbitkan buku juga memberikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional.

Kepala MTsN 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengatakan, karya yang dihasilkan penulis muda MTsN 2 Rembang dapat membuka wawasan dan membawa masa depan bangsa yang lebih cemerlang.

Menurut Yunus Anis, literasi tidak hanya dipahami sebagai kemahiran membaca dan menulis. Lebih jauh lagi, literasi harus dipahami agar bacaan menghasilkan manfaat dan menjadikan hidup lebih baik. “Oleh karena itu, enam literasi dasar baca-tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan harus kita kuasai,” ungkap Yunus Anis.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada para penulis yang mendapatkan penghargaan sebagai penulis nasional yang diberikan oleh Nyalanesia. 

Eko Munjayanah, selaku anggota tim literasi madrasah sekaligus sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mengakui, melalui program Gerakan Sekolah menulis buku ini mampu membangkitkan semangat dan keberanian  siswa dan guru untuk menulis. 

Eko Munjayanah berharap, kerjasama literasi dengan berbagai pihak perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas baca tulis siswa dan guru.  “Pengembangan literasi yang masih terbatas memerlukan suatu wadah yang dapat menampung pikiran, gagasan, ide dalam mewujudkan lingkungan madrasah yang literat,” ujar Eko Munjayanah.

Ke 50 siswa penerima penghargaan ini akan menjadi penggerak bagi seluruh siswa MTs Negeri 2 Rembang dalam pengembangan literasi. (Wient)