Siswa MTsN 1 Pati Bangga dan Bahagia Ikuti Matsama

Siswa MTsN 1 Pati Bangga dan Bahagia Ikuti Matsama

Pati – MTsN 1 Pati sukses melaksanakan Matsama atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Ajaran 2021/2022 secara virtual. Pelaksanaan Matsama yang diikuti oleh 364 peserta ini, berlangsung sejak Senin hingga Rabu (12-14/7).

Kegiatan Matsama hari pertama dibuka oleh Kepala MTsN 1 Pati, dilanjutkan dengan pembiasaan dan pemaparan materi oleh para pemateri yang berlangsung setiap pagi selama tiga hari. Materi yang disampaikan antara lain sejarah MTsN 1 Pati, struktur pendidik dan tenaga kependidikan, tata tertib, KBM (metode dan pembelajaran), organisasi kesiswaan, prestasi dan alumni, karakter moderasi beragama dan kebangsaan, program unggulan, perkenalan wali kelas, dan juga terdapat kuis interaktif.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati menjelaskan, kegiatan Matsama ini merupakan bentuk pengenalan peserta didik baru mengenai seluk-beluk MTsN 1 Pati, sekaligus sebagai uji coba penggunaan kelas digital yang telah dirilis baru-baru ini. “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, meskipun secara virtual kami berharap anak-anak tetap bisa mengenal madrasah lebih dalam. Terkait madrasah digital saat ini kami memang sedang berusaha mewujudkan salah satu misi baru madrasah yang telah disusun beberapa waktu lalu, yakni madrasah berbasis digital. Semoga di tahun ajaran baru ini menjadi langkah awal yang baik dan diberikan kemudahan untuk mewujudkannya,” tuturnya.

Di akhir sambutan penutupan Matsama, Syafak berpesan kepada seluruh peserta didik baru untuk selalu mengikuti proses pembelajaran dengan sebaik mungkin selama tiga tahun ke depan. “Termasuk program-progam madrasah kalian ikuti dengan baik. Sekali lagi, selamat dan terima kasih sudah mengikuti kegiatan ini, jadilah anak-anak yang berakhlakul karimah dan berkarakter,” ujarnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada panitia atas kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas sehingga dapat menampilkan yang terbaik. “Semoga menjadi amal jariyah rekan-rekan panitia yang nantinya bisa mengantarkan anak-anak menjadi anak cerdas berkarakter,” pungkas Syafak.

Salah satu peserta didik baru, Raihan mengungkapkan perasaan bangganya selama mengikuti kegiatan matsama. “Saya sangat puas, bangga, dan mendapatkan pengalaman baru. Setelah mengikuti kegiatan ini semangat belajar saya semakin meningkat,” ucapnya. Raihan berharap ke depan dirinya bisa membanggakan kedua orang tua dan MTsN 1 Pati dengan berprestasi di berbagai ajang kompetisi. (TiM/at)