Siswa MTsN 4 Rembang Berkreasi Mengolah Bahan Pangan

Rembang— Siswa kelas IX MTs N 4 Rembang berkreasi mengolah bahan pangan alami. Bahan pangan yang diolah di antaranya makanan pisang coklat, klepon, nugget pisang, bola-bola ice, sedangkan untuk pengolahan minuman alaminya yaitu es cincau.

Semua jenis makanan yang diolah berasal dari bahan alami yaitu pengawet alami, penyedap alami, pemanis alami dan pewarna alami. 

Dalam satu kelas siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok berkreasi mengolah bahan pangan sendiri-sendiri secara mandiri.

Tidak hanya membuat dan mengolah saja, tetapi tiap kelompok juga mendokumentasikan karya mereka dalam bentuk video pengolahan bahan pangan yang dilengkapi dengan alat dan bahan-bahan yang digunakan serta tips untuk memasak.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, berdasarkan potret realitas saat ini banyak makanan dan minuman yang mengandung bahan kimiawi. Dengan praktik ini, siswa tidak hanya sebatas belajar teori saja melainkan juga praktik secara langsung. ” Sehingga mereka jadi tahu tentang manfaat dari pembuatan dan penyajian bahan alam untuk kesehatan,” kata Masrum.

Masrum menambahkan, dengan praktik ini siswa diharapkan kedepannya jadi mandiri dan dapat melatih jiwa berwirausaha siswa yang dapat dijadikan bekal di masa mendatang.

Fadhilla Putri dan Sheila Dewi mengaku sangat antusias dan semangat saat mengikuti proses  memasak sebagai implementasi dari pelajaran prakarya. “Kami bangga masakan Indonesia,” ucapnya.–dwi/iq/bd