Siswa Mufourga Ikuti Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas

Purbalingga – Pasca pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, siswa-siswi MTs Muhammadiyah 4 Purbalingga (Mufourga) mendapatkan pembinaan dan penyuluhan Tertib Berlalu Lintas dari Polres Purbalingga, Senin (10/12/2018). Kegiatan yang digelar sehari tersebut bertempat di aula Balai Desa Slinga, Kaligondang.

Kepala Madrasah, Aris Pujianto menjelaskan, kegiatan yang diikuti 252 siswa tersebut digelar dalam rangka pembinaan karakter siswa.

“Maraknya anak – anak membawa sepeda motor ke sekolahnya menjadi permasalahan tersendiri. Satu sisi mendukung kehadiran mereka menuju tempat belajarnya khususnya bagi yang jauh dan sulit dijangkau transportasi umum. Namun di satu sisi juga memunculkan permasalahan tersendiri,” jelas Aris.

Siswa yang bisa menempuh perjalanan dengan sepeda atau berjalan kaki pun ingin menggunakan sepeda motor. Ditambah lagi kebut-kebutan di jalan, aksi-aksi yang membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Termasuk keluhan orang tua yang keberatan dengan buah hati mereka yang acap pulang lewat waktu karena bermain ke tempat yang semakin jauh.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 tersebut diisi beberapa orang narasumber. Dari Polres Purbalingga hadir Ipda Wagimin, Bripka Desi Mutiara Putri, Brigadir Teguh Riyanto dan Bripda Nida Aulia Pradita.

Dalam materinya Kanit Dikyasa Polres Purbalingga, Ipda Wagimin menyampaikan berbagai permasalahan terkait dengan maraknya anak sekolah membawa motor.

“Dengan besarnya resiko bagi para pelajar yang membawa motor, maka saya menghimbau semua siswa untuk taat peraturan lalu lintas. Bahkan jika tetap ada pelanggaran oleh pelajar, maka polisi akan melakukan razia sampai ke sekolah-sekolah, ” ungkapnya.  

Narasumber kedua, Bripka Desi, mensosialisasikan tentang tata tertib berlalu lintas, kecelakaan lalu lintas dengan korban anak-anak sekolah dan penyebab terjadinya kecelakaan. Sedangkan Brigadir Teguh mengajak dan memotivasi siswa untuk bertindak jujur.

Kegiatan Siswa Mandiri

Ketua OSIS/IPM Mufourga, Raikhan Galang Saputra menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan sepekan pasca Penilaian Akhir Semester.

“Ada kegiatan penyuluhan, hari ini dan besok, serta berbagai jenis perlombaan dan pertandingan, ” jelas Galang.

Semua kegiatan tersebut dipandu oleh siswa. Mulai dari rapat perencanaan, pemandu kegiatan sampai dengan pelaksanaannya. Waka Kesiswaan hanya mengarahkan dan mendampingi pelaksanaan kegiatan. (aris_sar/gt)