Siswa Siswi MTs N Negeri Model Brebes Simulasi UNBK

Brebes – Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer masih beberapa bulan lagi. Namun Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Kab Brebes sudah mulai menyelenggarakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) kepada 488 siswa siswi  kelas IX  Sabtu ( 04/03).

Hal tersebut diungkapkan kepala MTs N Model Brebes melalui Waka Humas  Wahib Isma saat ngasih pengarahan diruang kelas. Menurutnya ada  tujuh  Madrasah Tsanwiyah dan enam Madrasah Aliyah di Kabupaten Brebes yang siap untuk melaksanakan UNBK.

“Tahun ini kami mengajukan 13 sekolah dan pertama kali untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer,” katanya.

Keikutsertaan ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah ditanyakan sebelumnya kepada para siswanya. Menurutnya keikutsertaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun ini adanya dorongan motivasi dari siswanya, kedekatan pihaknya juga menjadi salah satu pendorong.

“Sebelumnya sudah nanya ke siswa apakah siap jika Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ternyata mereka siap,”kata wahib.

Meski kesiapan sekolah dirasakan masih minim karena baru pertama kalinya ikut serta dalam Ujian  Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tetapi menurutnya walau kesiapan sekolah masih minim, tetapi hal tersebut harus dilakukan.

“Siap tidak siap harus siap, karena ada nilai lebih dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni yaitu nilai kejujuran dalam mengerjakan soal. Karena siswa tidak bisa nyontekantara satu dengan yang lain karena soalnya beda,”ujarnya.

Disamping itu juga mengantipasi dengan diselenggarakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer.Karena melihat dari yang sudah dilakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) banyak siswa yang dibawah tekanan karena shock ketika menghadapi Ujian.

“Tentu akan ada kebanggaan dari siswanya sendiri karena hanya ada 16 sekolah yang ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” ucapnya.

Sementara itu dalam waktu yang berbeda Kasi Pendidikan Madrasah Kan Kemenag Kab Brebes Aqsho mengatakan simulasi UNBK ini adalah simulasi ujian nasional berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai latihan siswa dalam penghadapi UN yang akan diselenggarakan dengan sistem CBT (Computer Based Test). (oim/rf).