Soffi Nur Afiffah , Siap Berlaga di AKSIOMA Tingkat Nasional

Sukoharjo – Peraih mendali emas dalam Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga (AKSIOMA) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah siap bertanding di kota Pelajar. Soffi Nur Afiffah yang kerap dipanggil Sofi adalah pemenang pada cabang lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang diselenggarakan di Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah pada tanggal 16 s/d 19 Juli 2017. Selain MTQ, berbagai cabang lomba juga dipertandingkan meliputi: Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Kaligrafi, Singer, Tahfidz, Hadroh, Bulu Tangkis, dan Tenis Meja. Adapun pesertanya meliputi, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) se Provinsi Jawa Tengah.

Anak kelahiran 28 Mei 2006 putri dari pasangan Sudarno (Alm) dan Sutarmi sekarang ini duduk di kelas V pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Grogol Weru Sukoharjo. MI Negeri Grogol terletak di daerah perbatasan antara Gunungkidul dan Jawa Tengah yaitu di desa Grogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Secara geografis Madrasah ini terletak di pedesaan bahkan di tepi pegunungan. Namun dengan semangat perjuangan yang tinggi dalam mewujudkan visi Madrasah, akhirnya lolos menuju ke tingkat Nasional.

Dalam mempersiapkan hingga menjadi juara membutuhkan waktu yang panjang, Widodo, S.Ag., M.M. selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa persiapan dalam mengikuti lomba pada Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah dilakukan sejak Soffi duduk di kelas II (dua). Di bawah pelatih Zain Annas Muthmainah setiap hari Soffi rajin dan tekun mengikuti latihan.

“Sebelum menjadi juara tingkat Provinsi berbagai gelaran telah diperoleh diantaranya juara II (dua) Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015, juara I (satu) lomba HAB Kemenag Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016, juara I (satu) lomba MTQ di SMP IT Darul Hidayah Sukoharjo Tahun 2016, Harapan II lomba MTQ pelajar tingkat Jawa Tengah tahun 2016,” papar Widodo.

Setelah menyandang predikat juara I (satu) Provinsi Jawa Tengah maka berhak mewakili ke tingkat Nasional pada Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 s.d. 12 Agustus 2017 di kota pelajar Yogyakarta. Dalam sambutannya pada saat menyerahkan piala beserta uang pembinaan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di halaman Madrasah (21/7), Widodo, S.Ag., M.M. selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa prestasi ini menjadi kado terindah di awal tahun pelajaran.

“kemenangan ini merupakan kado terindah pada awal tahun pelajaran. Semoga bisa menjadi titik awal dalam berkiprah di tingkat Nasional”, pungkasnya. (Wied/Wul)