Songsong Hari Kemerdekaan, PPAI Kirim 4 Regu Gerak Jalan

Purbalingga – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI, Pengawas Pendidikan RA/ BA-MI Kecamatan Bobotsari mengirimkan 4 regu yang terdiri dari 2 regu putri dan 1 regu putra dan 1 regu campuran dengan komposisi masing masing 10 orang. 1 Regu putri terdiri dari guru-guru Non PNS RA/ BA  sedangkan guru-guru putri MI tergabung dalam regu lainnya.

Lomba Gerak Jalan dilaksanakan Sabtu (05/08) merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh Panitia Peringatan Hari-hari Besar Nasional Kecamatan Bobotsari. Lomba berlangsung selama satu hari diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. Tahap perlombaan dibagi dalam dua waktu, pukul 07.00 – 12.00 peserta lomba adalah para pelajar SD/ MI dan SMP/ MTs.  Sedangkan untuk pelajar SLTA (SMA/ SMK/ MA) dan peserta umum lomba dilaksanakan sejak pukul 13.00 sampai dengan selesai.

Dalam lomba ini seluruh peserta harus bersaing ketat dengan peserta lain yang berasal dari 16 desa. Untuk tingkat pelajar SD/ MI tercatat 20 SD Negeri, 1 SD Swasta, serta 7 MI swasta. Sedangkan untuk SLTP diikuti oleh 4 SMP Negeri, 1 SMP Swasta dan 1 MTs Negeri. Setiap lembaga pendidikan formal diwajibkan mengirimkan minimal 1 regu putra dan 1 regu putri. Demikian juga dengan jenjang SLTA yang diikuti oleh 1 SMA Negeri, 1 SMA Swasta, dan 3 SMK Swasta.

Salah satu peserta lomba dari PPAI Bobotsari, Wahidin menjelaskan bahwa tahun ini PPAI Bobotsari mengirimkan 2 regu putri dan 1 regu putra  dan 1 regu campuran.

“PPAI Bobotsari tahun ini mengirimkan 4 regu terdiri dari 1 regu putra dan 2 regu putri dan 1 regu campuran. Guru-guru putri RA/ BA membentuk 1 regu dan guru-guru putri MI juga membentuk 1 regu. Sedangkan putra hanya 1 regu,  karena MI GUPPI Talagening bekerja sama dengan BA Talagening membentuk 1 regu campuran untuk ikut serta memeriahkan lomba ini,” ungkap Wahidin.

“Siswa-siswi MI juga turut serta memeriahkan dengan mengirimkan regunya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara ketua Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kecamatan Bobotsari, Fuad Ghozali saat dihubungi menyampaikan bahwa setiap tahun PPAI Bobotsari selalu aktif dengan siswa dan guru-gurunya untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI di kecamatan Bobotsari.

“Alhamdulillah PPAI Bobotsari selalu aktif baik siswa maupun gurunya setiap tahun mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh pemerintah kecamatan meskipun tidak setiap tahun atau di setiap cabang kita menjadi juaranya,” kata Fuad.

“Selain gerak jalan, Upacara HUT RI,  Pawai Karnaval juga selalu kita ikuti,” tambahnya. (sar/gt)