Kegiatan Sosialisasi 5M 1D serta Pembagian Masker dan vitamin oleh FKPAI Kec. Ampel

Sosialisaasikan 5M 1D, FKPAI Ampel Bagikan Masker Dan Vitamin

AMPEL – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Ampel mengadakan sosialisasi 5M + 1D, pembagian masker dan vitamin di Pasar Hewan dan Pasar Rakyat Ampel, Boyolali. Program tersebut merupakan bentuk kerja nyata dari FKPAI dengan dukungan penuh dari Kepala KUA Kecamatan Ampel dalam rangka mengimplementasikan berbagai surat edaran yang telah diterbitkan oleh Kementerian Agama serta berperan aktif membantu pemerintah mensukseskan memutus mata rantai penyebaran covid 19 di Indonesia dan lebih khususnya di wilayah binaan Kecamatan Ampel.

Pelaksanaan program atau gerakan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (12/08) jam 08.00 sampai dengan jam 11.00 WIB. Hari tersebut menjadi pilihan dikarenakan bertepatan dengan pasaran kliwon, dimana setiap hari kliwon Pasar Hewan Ampel menjadi pusat kerumunan orang banyak khususnya para pedagang sapi dan kambing yang berasal dari berbagai daerah bahkan dari luar Boyolali.

Maryanto, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Ampel menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya 5M + 1D yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain melaksanakan gerakan tersebut, juga perlu menjaga daya tahan tubuh atau imun yaitu dengan memperbanyak minum vitamin. Gerakan yang diluncurkan oleh kementerian Agama dirasa menjadi paket komplit, selain menjaga imun namun juga perlu menjaga iman, menyeimbangkan dan menyelaraskan kesehatan jasmani dan rohani.

“kegiatan yang dilaksanakan oleh penyuluh agama islam kecamatan ampel ini merupakan implementasi dari apa yang diamanatkan pemerintah kepada kami untuk mesosialisasikan Gerakan 5M dan 1D kepada masyarakat.” Kata Maryanto

FKPAI KUA Ampel dalam melaksanakan kegiatan tidak berjalan sendiri melainkan menggandeng beberapa lembaga pemerintah sebagai wujud kolaborasi antara lain dengan Polsek Ampel, Koramil Ampel, Staf KUA Ampel, dan Mahasiswa PPL IAIN Salatiga. Acara dimulai dengan dibuka secara langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Ampel Drs. H. Askandar Al Anam, dilanjutkan dengan sosialisasi yang dipandu oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional Maryanto, S.Pd.I. Bersamaan dengan sosialisasi tersebut, dibagiakn masker dan vitamin, wedang jahe kepada masyarakat yang berada di Pasar Hewan Ampel masing-masing sejumlah 500 buah. Adapun sumber dana dalam kegiatan tersebut didukung dari KUA Ampel dan swadaya mandiri dari para penyuluh Agama Islam. Masyarakat menyambut dengan antusias serta mengapresiasi kegiatan nyata seperti ini karena dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, serta memliki harapan program tersebut lebih sering diadakan dengan harapan masyarakat makin sadar akan pentingnya 5M + 1D dan menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga covid 19 benar-benar hilang dari bumi Indonesia.(MY/Zoelva/Jaim/rf)