Sosialisasi KMA Nomor 184 Tahun 2019 dengan In House Training

Sosialisasi KMA Nomor 184 Tahun 2019 dengan In House Training

Banjarnegara – Tidak dipungkiri dunia pendidikan terus mengalami pergeseran dan perkembangan, kali ini MAN 1 Banjarnegara mempersiapkan tahun ajaran baru dengan membekali guru dengan mengadakan sosialisasi melalui kegiatan In House training yang bertema “Implementasi KMA 184 tahun 2019”Sabtu, (3/7).

In House training dilaksanakan secara daring, melalui zoom meeting mengingat kegiatan tersebut diselenggarakan pada masa PPKM darurat. Meskipun demikian tidak mengurangi antusias guru MAN 1 Banjarnegara untuk mengikutinya.

Juair, Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan juga selaku Sebagai narasumber dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dengan peserta guru MAN 1 Banjarnegara tersebut memberikan penghargaan atas prestasi yang diraih oleh madrasah tersebut karena belum lama ini meraih penghargaan tingkat Nasional dan menempati peringkat pada urutan nomor 11 se-Jawa tengah.

“Dengan KMA nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diharapkan dapat mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam kurikulum dan memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan madrasah,” tandas Juair.

Beliau menambhakn bahwa dalam KMA tersebut setidaknya mencakup enam hal. “Antara lain adalah struktur kurikulum, pengembangan implementasi kurikulum, muatan lokal, ekstrakurikuler, pembelajaran pada madrasah berasrama dan penilaian hasil belajar,” tegasnya.

Selaras dengan penjelasan narasumber, MAN 1 Banjarnegara merupakan madrasah yang pada tahun pelajaran 2021/2022 mulai akan membuka program boarding school atau madrasah dengan nilai plus berasrama yang didalamnya mencakup pendalaman materi Islam dengan kajian kitab kuning dan bahasa, jadi dalam hal ini langsung bisa menerapkan muatan pembelajaran pada madrasah  berasrama.

Akhirnya dengan KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah semoga dapat semakin memperkokoh eksistensi madrasah semakin hebat, bermartabat. (lan/ak/rf)