Studi Tiru Program FKUB Kab. Pekalongan ke FKUB Kab. Wonosobo

Kab.Pekalongan – Rombongan FKUB Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan ke wilayah Wonosobo dalam rangka Studi Tiru Program ke FKUB Wonosobo. Kamis, 30 September 2021.

Rombongan disambut dengan hangat oleh Wakil Bupati Drs. Muhammad Albar,MM bersama Ketua FKUB Kabupaten Wonosobo, DR.Zaenal Sukawi, M.A beserta jajarannya, yang dalam suasana tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Dalam sambutan selamat datang oleh Wakil Bupati kabupaten Wonosobo, Muhammad Albar selaku Ketua Dewan Penasehat FKUB menyampaikan selamat datang, kepada rombongan FKUB kabupaten Pekalongan di kabupaten Wonosobo.

“Saya mengucapkan selamat datang, kepada Ketua beserta rombongan Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten Pekalongan di kabupaten kami tercinta. Mudah-mudahan kunjungan ini bermanfaat, serta menjadi ajang bagi kita untuk saling bertukar ilmu dan mempererat tali persaudaraan.” ujar Wakil Bupati.

Disampaikan pula oleh Wakil Bupati bahwa kabupaten Wonosobo merupakan daerah yang memiliki berbagai potensi, baik dari kekayaan alamnya maupun dari masyarakat yang plural. Heterogenitas agama dan kepercayaan tersebut tidak menghalangi terbangunnya kerukunan umat beragama.

“Persatuan dan kesatuan adalah kunci, bagi keberlangsungan dan kestabilan kondisi berbangsa dan bernegara. Hal ini hanya dapat terwujud apabila seluruh sekat yang memisahkan dan mengkotak- kotakan elemen bangsa dapat menghilang.” tutur Muhammad Albar menambahkan.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Muhammad Albar menyampaikan pesan agar kita semua dapat merawat kebhinekaan yang menjadi tugas kita bersama. Menjadikan Forum Studi Tiru ini sebagai media sharing dan transfer pengalaman dan ilmu.

Selanjutnya dalam sambutan maksud dan tujuan dari Studi Tiru FKUB kabupaten Pekalongan, yang disampaikan oleh ketua rombonganh Drs.H.Mukhozin,M.Ag menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan selamat datang yang begitu hangat dari Bapak Wakil Bupati Drs. Muhammad Albar,MM bersama Ketua FKUB Kabupaten Wonosobo, DR.Zaenal Sukawi, M.A beserta jajarannya.

“Terimakasih atas sambutannya, mohon maaf atas sedikit keterlambatan kehadiran kami beserta rombongan.” tutur H.Mukhozin

Lebih lanjut H.Mukhozin menyampaikan, “Kami ingin belajar dari FKUB kabupaten Wonosobo, tentunya akan mengamati, meniru serta memodifikasi program- program yang bisa kami terapkan di wilayah kami kabupaten Pekalongan.” ujarnya.

“Berdasarkan pengamatan kami Wonosobo daerahnya mirip-mirip kabupaten Pekalongan, sesuai informasi dari Kanwil Kemenag bahwa untuk sharing pengetahuan ditunjukkan tempat salah satunya ke kabupaten Wonosobo.” tambahnya.

Ketua FKUB H.Mukhozin juga berkesempatan memperkenalkan personil kepengurusannya yang turut hadir dalam kesempatan itu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tukar menukar buku program FKUB dan diteruskan dengan paparan dan diskusi yang dipandu oleh moderator Aji Prasetyanto,S.E. (Ant/bd)