Suhamto: “Yang Berprestasi, Yang Mau Berusaha dan Berjuang”

Kudus (1/10), berlagsung di Hall in One halaman Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus Jl.Conge Ngembalrejo Bae Kudus diselenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Bertindak selaku pembina upacara, Suhamto Kepala MAN 1 Kudus pada amanatnya menyampaikan pesan kepada seluruh warga MAN 1 Kudus agar senantiasa menjaga nilai-nilai luhur Pancasila. Sila Pancasila senantiasa tertanam dalam hati dan terwujud dalam perilaku sehari-hari. Menjadi siswa, dan warga Negara yang pancasilais.

Dalam pelaksanaan upacara, diserahkan beasiswa bagi siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik. Beasiswa siswa berprestasi semester genap tahun pelajaran 2017/2018 serta siswa baru tahun 2018/2019.

Suhamto, menekankan pentingnya usaha dan perjuangan dalam meraih prestasi. Prestasi diraih tentunya tidak instan, butuh adanya usaha dan perjuangan. Yang berprestasi, yang mau berusaha dan berjuang. Mereka yang mau mengatur dan memanfaatkan waktu, bahkan memberikan porsi lebih dalam usaha meraih presatasi.

Program beasiswa yang diberikan merupakan wujud nyata perhatian madrasah atas prestasi dan hasil yang dicapai peserta didik, baik bidang akademik maupun non akademik. Dengan adanya beasiswa harus menjadi motivasi seluruh siswa untuk berkompetisi dalam meraih prestasi, bahkan yang berprestasi untuk lebih meningkatkan prestasinya.

Kesempatan selalu ada, bagi yang mau berusaha. Oleh karenanya, Suhamto meminta agar seluruh siswa termotivasi untuk berprestasi. Yang sudah berpestasi harus mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasinya, yang belum untuk berlomba meraihnya. Sehingga terwujud kompetisi yang dinamis di antara siswa dan untuk mewujudkan MAN 1 Kudus ke depan lebih baik.

Beasiswa yang diberikan madrasah semester genap tahun 2017/2018 yaitu prestasi akademik 3 paralel di tiap tingkat berdasarkan laporan hasil belajar sejumlah 12 siswa. Dan non akademik bagi siswa yang meperoleh kejuaraan lomba baik di tingkat Kabupaten atau di atasnya, sejumlah 17 siswa.

Adapun beasiswa siswa berprestasi untuk siswa baru tahun pelajaran 2018/2019, sejumlah 9 siswa, diberikan atas prestasi yang mereka raih dari madrasah/sekolah asal hasil verifikasi berkas pendaftaran penerimaan peserta didik baru.

(Agus/wwk/bd)