Sukses, Peserta MTQ Karangmoncol Membludak

Purbalingga – Menghadapi agenda tahunan di tingkat kabupaten Purbalingga, Pemerintah Kecamatan Karangmoncol menyelenggarakan kegiatan Lomba  MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) i  Pelajar dan Umum Tahun 2018, Kamis (26/07). Dalam menyelenggarakan perlombaan tersebut Pemerintah Kecamatan Karangmoncol menjalin kerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Karangmoncol 1 dan KUA Karangmoncol 2.

Koordinator lomba, Sri Mulyati menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam tiga majlis dengan tiga cabang perlombaan.

“Cabang Lomba Tilawatil Quran bertempat di Pendopo Kecamatan Karangmoncol. Sedangkan Cabang Tartil Quran dilaksanakan di aula UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Karangmoncol, dan cabang Tahfizhil Quran ditempatkan di aula KUA Karangmoncol 1,” ungkap Mulyati.

Menurut Sri Mulyati yang juga Penyuluh Agama Islam Fungsional Wilayah Kecamatan  Karanganyar, Kertanegara dan Karangmoncol  ini tanggapan masyarakat sangat baik.

“Menurut saya, pelaksanaan MTQ di Kecamatan Karangmoncol terhitung sukses. Hal ini dibuktikan dengan membludaknya peserta yang mengikuti perlombaan tersebut. Target awal kami hanya 180 peserta, tetapi ternyata peserta yang mendaftar mencapai 205 peserta. Ini merata di ketiga cabang perlombaan,” terangnya penuh rasa syukur.

Ditambahkan, cabang Tilawatil Quran terbagi dalam 4 kategori, yakni tingkat SD/MI, SMP/MTs, tingkat SLTA dan umum. Pada cabang Tartil Quran terbagi dalam 3 kategori yakni tingkat SD/MI, tingkat SLTP dan tingkat SLTA. Sedangkan untuk cabang Tahfizhul Quran dilaksanakan dalam 3 kategori, yakni 1 juz, 5 juz dan 30 juz.

Dalam sambutan pembukaannya, Camat Karangmoncol yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Suyud menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas keberhasilan panitia penyelenggara atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kami rencanakan para pemenang di berbagai cabang dan kategori akan mewakili Kecamatan Karangmoncol dalam MTQ tingkat kabupaten yang dalam waktu dekat akan digelar. Bukan hanya itu, mereka juga akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan,” ungkap  Suyud.

Kejuaraan Didominasi Siswa Madrasah

Pada akhir kegiatan, panitia mengumumkan hasil kejuaraan lomba. Dari 19 kejuaraan yang dilombakan, 11 kejuaraan diraih siswa-siswi  utusan dari madrasah.

Pada Cabang Tartil dan Tilawah Putra dan Putri Kategori SD/MI seluruh Juara 1 direbut siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Mereka adalah Nugroho Zayn C.R.P dan Fella Rezky A. dari MIMA NU 01 Karangsari sebagai Juara 1 Tartil Putra dan Putri. Sedangkan Aswa Sakhatama S. (MI MA NU 02 Tunjungmuli) dan Zahra Amanda (MI MA NU 03 Baleraksa) meraih Juara 1 Putra dan Putri pada Cabang Tilawah.

Di tingkat SLTP, Ajib Faizun N. dan Mutiara Puspitasari siswa-siswi MTs Ma’arif NU 04 Tamansari meraih Juara 1 Cabang Tilawah Putra dan Putri . Sedangkan Muslih (MA Mambaul Ulum) dan Wihdatunnisa (MA Al Huda) meraih Juara 1 Tilawah Putra dan Putri kategori SLTA.

Pada Cabang Tahfizh 5 Juz,  siswa-siswi MA Mambaul Ulum Tunjungmuli – Farhan Muaziz  dan Maghfiroh masing-masing meraih Juara 1 Putra dan Putri. Adapun Uni Fita Pradini (MTs Muhammadiyah 05 Tamansari meraih Juara 1 Tahfidz 1 Juz Putri.  (sar/gt)