Sukseskan KSM : Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi

Semarang (Humas) – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Penma) Kanwil Kemenag Prov. Jateng, H. A. Saifulloh menyampaikan bahwa akhir pekan ini akan diselenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 tingkat Kabupaten/Kota.

“KSM tahun 2021 akan dilaksanakan serentak secara nasional pada Sabtu hingga Senin, tanggal 21-23 Agustus 2021,” demikian ungkap, H. A. Saifulloh Jumat (20/8) di Ruang Kerjanya.

Lebih lanjut H. A. Saifulloh menyampaikan bahwa KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains dikalangan siswa madrasah dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman. Ia juga menjelaskan tujuan KSM secara umum.

“Tujuan KSM secara umum yakni untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) yang membidangi dan memfasilitasi pelaksanaan KSM, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, Juair menyampaikan bahwa mulai hari ini Bidang Penma telah membuka Posko KSM tingkat Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

“Posko KSM sebagai pusat bantuan pelayanan, pengendalian, dan pemantauan pelaksanaan KSM di Kabupaten/Kota secara daring di tingkat Kanwil Kemenag Prov. Jateng,” tutur Juair.

Menurut catatannya peserta KSM tingkat kabupaten kota pada Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah akan diikuti oleh 15077 siswa yang terdiri dari siswa MI, MTS dan MA.

Juair juga menjelaskan Mata Pelajaran (Mapel) yang dilombakan masing-masing jenjang pada KSM tahun ini.

“Untuk Mapel yang dilombakan jenjang MI ada 2 Mapel yakni Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi. Jenjang MTS ada 3 Mapel yakni Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi. Jenjang MA ada 6 Mapel yakni Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi,” jelas Juair secara detil.

Selamat dan sukses pelaksanaan KSM Tahun 2021 tingkat Kabupaten/Kota. Integrasi sains dan Islam menuju madrasah mandiri berprestasi. Madrasah Jateng Majeng Sareng. (qq)