Sukseskan Pelaksanaan UAMBN dengan Bermartabat

Banjarnegara – UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) bertujuan mengukur  pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan sesuai  dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.

Dalam  rangka mensukseskan UAMBN tingkat Madrasah Aliyah, Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara berusaha untuk lebih jelas memberikan sosialisasi kapada Kepala MAN/MA, Panitia Ujian dan Pengawas Ruang hari ini (13/2)  di  Aula Kantor.  Dengan  179 peserta diharapkan bisa memberikan pemahaman  terkait pelaksanaan UAMBN yang rencana pelaksanaanya pada  20 – 24  Maret  ini. Sebagaimana disampikan Kasi Madrasah, Karsono.

“UAMBN merupakan agenda Nasional yang perlu dipersiapkan dengan baik, karena  jika terdapat masalah, akan langsung muncul kepermukaan dan menjadi berita publik yang menyudutkan kemenag,” disampaikan Plt Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Sukarno dalam sambutan pembinaannya.

Ditegaskan bahwa sebagai pelaksana ujian di masing-masing  madrasah, peserta diharapkan memahami Prosedur Operasional Standar (POS) sebagaimana tertuang dalam Keputusan Dirjen Pendis No. 6843  tahun 2016  tentang POS Penyelenggaaan UAMBN Tapel 2016/2017

Di sini UAMBN memiliki fungsi sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan mutu madrasah,  umpan balik dalam perbaikan program pemebelajaran,  sebagai alat pengendali mutu pendidikan serta pendorong peningkatan mutu pendidikan.  

Untuk kabupaten  Banjarnegara terdata jumlah peserta UABMN sejumlah 1255 siswa yang terbagi 76 ruang.  Sedangkan pengawasan  yang dipakai adalah sistem antar mapel di dalam madrasah itu sendiri.

Adapun pelaksanaanya Plt Kakankemenag berharap, pelaksanaan UAMBN  tahun ini sukses  dengan bermartabat, berpegang  sesuai  POS, dilaksanakan sesuai dengan Juknis,  berjalan dengan  benar serta tertib kelancaran untuk dijaga. Sesi penjelasan detail dan sharing  dipimpin Koordinator UAMBN Kabupaten Kepala MAN 2 dan Kepala MAN 1.  (Nangim/Af)