Sukseskan Program Kua Percontohan Ekonomi Umat, KUA Banjarnegara Bidik Ternak Jangkrik

Banjarnegara – Kegiatan terprogram Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia adalah suksesnya Revitalisasi KUA tahun 2021, Salah satu pendukungnya adalah Pemberdayaan Ekonomi Umat di lingkungan Binaan para Penyuluh Agama Islam Fungsional maupun Non PNS.

Pelaksanaan Pengisian Formulir Assesmen kepada para calon penerima bantuan ekonomi umat dilaksanaan hari Selasa, 14 September 2021 oleh Tim survei yaitu 1 orang Penyuluh Agama Islam (PAI) Fungsional dan 8 PAI Non PNS. Ada 10 tempat secara tersebar di wilayah Kecamatan Banjarnegara.

“Upaya mencari data calon penerima modal usaha adalah memenuhi persyaratan administrasi diantaranya usia maksimal 35 Tahun, sudah menikah, pendidikan minimal SLTP, ikut serta sebagai jamaah Majelis Taklim atau jamaah di Masjid terdekatnya. Usaha berjalan minimal 6 bulan dan mengetahui perkembangan usahanya,” ungkap Kepala KUA Kec. Banjarnegara, Musobihin.

Salah satu kunjungan Tim adalah ke Peternak Jangkrik di wilayah Kelurahan Semampir RT 03 RW 03 langsung bertemu Siti Mubayinah selaku pelaku usaha,Selasa (14/9).

“Ini merupakan usaha yang bisa saya lakukan untuk membantu suami yang bekerja sebagai buruh, saya punya rencana akan menambah tenaga kerja, memperluas lokasi apabila permohonan bantuan dikabulkan, sehingga bisa membantu program pemerintah mengentaskan pengangguran,” tegas Siti sambil mengusap jangkrik ditangannya.

Tim pengisian formulir assesmen mendatangi tempat usaha Bu Siti ini dalam rangka mengetahui sejauh mana usaha masyarakat disaat masa Pandemi sekarang ini. (st/ak/rf)