Sukseskan Ujian, Kemenag Gelar Pelatihan Proktor Dan Teknisi

BLORA – Untuk mensukseskan Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 Madrasah tingkat Tsanawiyah (MTs) maupun Aliyah (MA), Kemenag Blora melalui Seksi Pendidikan Madrasah pada Jumat (16/3) bertempat di MAN Blora menyelenggarakan Pelatihan Proktor dan Teknisi se-Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut sebagai upaya persiapan kematangan pelaksanaan Ujian yang diikuti sekitar 110 peserta yang terdiri dari  Proktor dan teknisi MTs sebanyak 55 proktor dan 55 teknisi, dan 37 peserta proktor dan teknisi MA.

Kasi Pendidikan Madrasah, Fathul Himam, M.PdI menyampaikan bahwa tugas serta peran proktor dan teknisi UNBK sangat penting, maka perlu diselenggarakan pelatihan khusus yang didampingi ahlinya supaya dalam pelaksanaan Ujian bisa berjalan lancar dan sukses.

“Melalui  pelatihan ini, para proktor dan teknisi kami  harapakan mampu menjalankan tugasnya demi suksesnya pelaksanaan UNBK” harapnya.

 

Untuk itu, pihaknya berharap semua madrasah merespon dengan cepat dan tepat persiapan teknologi baik peralatan komputer, server, jaringan, semua peralatan  baik dari segi hardware, software serta sumber saya manusianya.

Himam juga menjelaskan bahwa Proktor adalah guru atau tenaga kependidikan madrasah  memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK), pernah mengikuti pelatihan atau bertindak sebagai proktor UNBK, bersedia ditugaskan sebagai proktor di sekolah/madrasah penyelenggara UNBK, dan bersedia menandatangani pakta integritas.

 

Adapun Teknisi menurutnya adalah guru atau tenaga kependidikan sekolah/madrasah yang  memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengelola LAN madrasah, . pernah mengikuti pembekalan atau bertindak sebagai teknisi UNBK,  dan bersedia menandatangani pakta integritas.

 

“untuk itu maka kami mohon semua bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik supaya tidak ada kendala teknis dalam pelaksanaan Ujian dan semua bisa berjalan sukses dan lancar”paparnya.

“Meskipun UNBK maupun UAMBN tidak menjadi penentuan kelulusan, namun penyelanggaraan Ujian hendaknya bisa optimal termasuk teknis ujian tidak mengalami hambatan”imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa pada saat ini madrasah hebat dan bermartabat bukan ditentukan dari hasil ujian saja, tetapi salah satunya ditentukan dari prestasi-prestasi akademik dan non akademik guru dan muridnya.

Selain itu dalam pelaksanaan ujian, juga perlu dipersiapkan dengan matang baik sarana dan prasarana terkait dengan perangkat ujian, seperti listrik, komputer, server terutama SDM di masing-masing Madrasah baik negeri maupun swasta.

“Ada tiga kunci sukses Ujian ini antara lain pastikan komputer dan jaringan internet sehat, operator dan SDM sehat dan berpakaian yang rapi karena berperan sebagai “ruh”nya ujian”paparnya serius.

Pihaknya memberikan target kelulusan pada tahun ini baik tingkat MTs maupun MA bisa optimal, denga prestasi yang meningkat dari rata rata tahun kemaren, sehingga perlu sekali diperhatikan agar penyelenggaraan Ujian bisa berjalan  lancar, sukses dengan hasil yang memuaskan sehingga kualitas Madrasah bisa setara ataupun lebih baik dari Sekolah umum lainnya.

“Selamat menjalankan tugas dengan baik dan semoga kita dimudahkan dan diberikan kelancaran dalam menjalankan amanah sehingga siswa madrasah bisa melaksanakan ujian dengan baik dan lancar”paparnya. (ima/bd)