Supervisi Pendidikan tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kota Magelang. Supervisi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting dilaksanakan karena berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru yang berimbas pada hasil pembelajaran, oleh karena itu agar pelaksanaan supervisi tersebut berjalan dengan baik maka perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana yang dimaksud dengan supervisi akademik. Mengingat sampai saat ini masih banyak guru yang mengabaikan tentang administrasi, maka perlu adanya evaluasi secara bertahap agar mampu memenuhi administrasi sebagai kontribusi dalam penguatan supervisi pendidikan. Demikian disampaikan Kasi Penmad Arif Yudha Himawan pada kegiatan supervisi pendidikan di madrasah Kota Magelang,Rabu(4/5).

“Pentingnya administrasi sebagai dasar dalam penyampaian laporan akademik di madrasah” Kata Arif

Kegiatan pembinaan Supervisi yang dilakukan oleh seorang Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama Kota Magelang  untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan Madrasah, pada saat ini peninjauan dan pembinaan bersamaan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) untuk itu kesiapan administrasi yang terstruktur dapat ditampilkan dengan baik sebagai dasar dalam penyampaian laporan kegiatan yang dilaksanakan.

“Momen pembinaan dan supervisi bersamaan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk itu administrasi terstruktur harus dibangun dengan baik” Jelas Arif

Kegiatan Pembinaan Supervisi Pendidikan dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Magelang, Karet, Kelurahan Jurangombo, Magelang Selatan Kota Magelang dihadiri oleh Kepala Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 dan 2 serta Kepala Madrasah Al Iman dan Tenaga Kependidikan.

Kegiatan supervisi bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar mengajar. Kegiatan utamanya adalah membantu guru, tetapi dalam konteks-nya yang luas menyangkut komponen sekolah yang lain karena guru juga terkait dengan komponen tata usaha, sarana, lingkungan sekolah, dan lain-lain.

Dengan adanya pembinaan supervise dapat memotivasi guru tenaga kependidikan untuk menyiapkan administrasi yang baik serta membagun pendidikan yang professional untuk kemajuan madrasah di kota Magelang.(Wahono)