Syukuri dan Laksanakan dengan Baik Panggilan Allah

Grobogan – Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima, dan setiap orang belum tentu bisa untuk berangkat menunaikan Ibadah Haji. Untuk menghormatinya, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan bekerja sama menyelenggarakan pamitan calon jemaah haji (CJH). Sebanyak 975 CJH serta petugas Haji 2017 Kabupaten Grobogan turut hadir dalam acara Pamitan Jemaah Haji 2017 di Pendopo Bupati Grobogan, Selasa (25/07). Para CJH ini berasal dari 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan. Secara antusias mereka mengikuti acara pamitan tersebut guna memenuhi undangan dan pembekalan dari panitia.

Dalam sambutan Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, calon haji adalah orang-orang yang terpilih oleh Allah SWT untuk memenuhi panggilannya untuk itu harus disyukuri dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sebaik baiknya, jadikanlah kesempatan yang mungkin tidak terulang lagi.

Lebih lanjut, ibadah haji merupakan rukun islam kelima, yang menjadi salah satu ibadah tersendiri dalam satu tahun dan diminati umat islam. Berkaitan hal tersebut, “Bersyukurlah bagi bapak/ ibu yang berkesempatan berangkat ibadah haji, Karena mulai tahun ini ada tambahan kuota,” ungkap Sri Sumarni.

Tidak semua orang yang beragama Islam mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji atau sekedar untuk mendapatkan titel haji/ hajjah, tetapi tidak lain adalah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yakni melaksanakan perintah dan memenuhi panggilan Allah SWT. “Saya mohon agar berangkatnya calon jemaah haji Kabupaten Grobogan dengan tenang dan ikhlas. Pasrahkan semuanya kepada Allah SWT, ini adalah nikmat yang patut kita syukuri,” lanjutnya.

Jaga kesehatan, fisik dan disiplin untuk semuanya, mulai dari disiplin ibadah, makan-minum, istirahat. Tapi ada satu lagi yang tidak kalah penting adalah disiplin menjaga kelompok dan patuh terhadap para petugas haji. “Hal ini karena yang datang ke tanah suci Mekkah nanti itu seluruh umat Islam dari seluruh dunia yang jumlahnya jutaan,” tegas Bupati.

Di akhir sambutan, orang nomor satu di Kabupaten Grobogan itu kepada para pembimbing haji berpesan agar senantiasa membimbing calon jemaah haji Kabupaten Grobogan dalam melaksanakan ibadah haji. “Kepada para pembimbing, kami titip jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar, sehingga bisa berangkat dengan selamat, pulang juga selamat dan menjadi haji yang mabrur,” pinta Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan Hambali, dalam wawancara mengatakan bahwa untuk tahun 2017 ini jumlah jamaah calon haji Kabupaten Grobogan berjumlah 975 orang dan belum termasuk petugas haji. Jumlah tersebut terbagi dalam 4 Kloter (kelompok terbang), yakni Kloter 17 berjumlah 353 jemaah, kloter 64 berjumlah 136 jemaah, kloter 65 berjumlah 355 jemaah dan kloter 66 berjumlah 133 jemaah. Sedangkan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI)) 3 orang dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) berjumlah 2 orang.

Sesuai jadwal, calon jemaah haji Kabupaten Grobogan masuk Pendopo  pada tanggal 1 Agustus 2017 untuk kloter 17, pukul 01.30 WIB. dan Kloter 64 berangkat pada tanggal 15 Agustus 2017 masuk pendopo pukul 16.30 WIB dan Kloter 65,66 berangkat pada tanggal 16 Agustus 2017 masuk pendopo pukul 01.30 WIB. Dan Hambali menghimbau  kepada calon jemaah haji Kabupaten Grobogan, supaya tepat waktu, karena untuk pemberangkatan dari Kabupaten Grobogan pukul 05.00 WIB. Dan akan  dilepas oleh Bupati Grobogan,” ungkap Hambali.(bd/gt)