Tahun 2018, Siswa MAN 1 Cilacap Diterima Di PTN Naik 51,72%

Cilacap – Beberapa hari yang lalu pengumuman penerimaan calon mahasiswa baru baik lewat jalur SMPTN dan SPAN-PTKIN telah diumumkan secara serentak di seluruh Indonesia. Hal yang membahagiakan yaitu diterimanya peserta didik MAN 1 Cilacap sebanyak 44 siswa. Bagaimana tidak, karena tahun ini merupakan yang terbanyak diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Secara persentase naik 51,72%, dari tahun lalu yang diterima hanya 29 siswa.

 Jumlah 44 siswa menyebar, terdapat dua siswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diterima di Prodi Pendidikan Seni Rupa dan Seni Musik. Satu siswa diterima di UNNES Semarang pada prodi Pendidikan Bahasa Perancis. UIN Walisongo Semarang memberi kesempatan dua siswa masuk Prodi Ilmu Politik dan Studi Agama.

Kepercayaan luar biasa diterima dari IAIN Purwokerto karena sejumlah 22 siswa MAN 1 Cilacap diterima di  berbagai prodi, antara lain tiga anak di PGMI dan Hukum Keluarga Islam. Dua di Siyasah, Ekonomi Syariah, Tadris Bahasa Inggris. Masing-masing satu orang diterima Komunikasi Penyiaran Islam, Perbandingan Mazab, Ilmu Tafsir, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam dan Pendidikan Bahasa Arab.

Dua tahun lalu juga sudah ada satu siswa yang diterima di UIN Syarif Hidayatullah, tahun ini ada satu anak juga diterima prodi Bahasa dan Sastra Arab. Di UIN Sultan Thaha Saefudin Jambi, satu siswa diterima pada prodi Ilmu Pemerintahan. UIN Sunan Kalijuga memberi jatah satu siswa MAN 1 Cilacap pada Jurusan Ilmu Hadis.

IAIN Salatiga memberi jatah enam kursi masing-masing prodi Pengembangan Masyarakat Islam dua anak, dua di Komunikasi Penyiaran Islam, satu di PGMI dan  Perbankan Syariah.

Dua siswa juga diterima di IAIN Surakarta prodi Pendidikan Agama Islam dan Bimbingan dan Konseling Islam. IAIN Kudus memberi kesempatan satu  prodi  Ilmu Al Quran dan Hadis. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, meloloskan satu siswa di prodi Hukum Keluarga Islam, pada jurusan yang sama dua anak juga diterima di IAIN Tulungagung, JawaTimur.  Sisanya satu siswa diterima di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten masuk prodi Asuransi Syariah.

Demikian dikatakan Kepala MAN 1 Cilacap Suratno, Sabtu (5/5) di Ruang Kerjanya. “Kami sangat bersyukur siswa MAN 1 Cilacap banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri baik lewat jalur SMPTN maupun  SPAN-PTKIN. Ini berarti ada kenaikan kualitas di MAN 1 Cilacap. Ucapan terimakasih juga saya ucapkan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sudah berbuat yang terbaik”, ungkapnya menanggapi  siswanya banyak diterima di PTN.

“Harapannya mereka yang diterima di PTN dapat memanfaatkan dengan baik untuk berprestasi dan kuliah dengan baik. Dan yang terpenting bisa membawa nama baik madrasah”, imbuhnya.

 Kebahagiaan juga dirasakan oleh salah satu siswa, A’imatul Amalia, siswa yang diterima pada prodi Manajemen Pendidikan Islam.

 “Saya seneng bisa lolos tanpa tes, semoga apa yang sudah saya pilih bisa saya tekuni dan seriusin. Dan lulus dengan nilai memuaskan, mendapatkan kerja, membahagiakan ortu dan sukses. Amiin”. Katanya. (Agus Es/bd.)