Tahun Baru Hijriyah, Hijrah ke Kehidupan Yang Lebih Baik

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dan Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klaten sebagai leading sector keagamaan mengadakan Pengajian Akbar Dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1439H/2017M yang digelar di Masjid Agung Al Aqsha Klaten,(27/9).

Ribuan masyarakat Klaten dan sekitarnya berbondong-bondong sejak pukul 19.00 WIB telah hadir dan memadati Masjid Agung Al Aqsha Klaten, hadir dalam acara Plt Bupati Klaten, Kakankemenag Klaten, Muspida Klaten, tokoh agama dan umat muslim Klaten serta menghadirkan pembicara Dr.KH. Arja’ Imroni, M.Ag (Dosen UIN Walisongo Semarang)

Kepala Kantor Kementerian Agama Masmin Afif mengatakan, dengan adanya peringatan 1 Muharram 1439H/2017M diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat akan makna peringatan tahun baru Hijriyah.

“Kegiatan ini sebagai momentum untuk instropeksi dan koreksi diri untuk memasuki tahun yang baru, sebagai media syiar Islam untuk meningkatkan keimanan pada Allah SWT,” tandas Masmin.

Islam telah mengingatkan agar hari-hari yang kita lewati selalu menjadi lebih baik dari hari sebelumnya, seperti yang tercantum dalam Al Qur`an surat Al Hasyr ayat 18.

Sejarah tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah diawali dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Sedangkan bagi umat Islam sesudah nabi, peringatan ini merupakan momen untuk hijrah dengan melakukan perubahan menjadi pribadi yang lebih baik.

“Maka hijrah yang akan kita jalani dalam arti kiasan disini, adalah hijrah nafsiah dan hijratul amaliyah, yaitu perpindahan dari kufur menuju iman, peningkatan mutu diri dari segi spiritual dan intelektual, serta meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beribadah kepada Allah SWT,” kata Masmin.

Dengan kegiatan ini diharapkan tahun baru hijriyah menjadikan kita lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, selalu meningkatkan keimanan, ketaqwaan serta persatuan dan kesatuan masyarakat Klaten khususnya dan negara pada umumnya.(aj)