Takmir Masjid Al-Wustho Mangkunegaran : Selain Panitia, Dilarang Masuk

Surakarta – Hari Tasrik, 11 Dzulhijjah masjid di sekitar Kota Surakarta mulai melaksanakan penyembelihan hewan kurban (21/07). Salah satunya di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, yang terletak di barat Keraton Mangkunegaran. Atsna Nida, PAI Kec Banjarsari melaksanakan tugas pemantauan kegiatan penyembelihan hewan kurban. “ Terima Kasih pada takmir masjid khususnya di Kec Banjarsari yang telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan di SE Menag no 17 Th 2021,” katanya. Dalam laporan monitoring yang disampaikan, 97% masjid di Kecamatan Banjarsari tidak mengadakan Sholat Idul Adha.

Adi, panitia penyembelihan hewan kurban menyampaikan bahwa penyembelihan dilaksanakan hari ini. 5 Sapi dan 13 Kambing adalah jumlah yang sedikit dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. “Ya, setelah kemarin sempat ditinjau langsung oleh Bapak Kakanwil, takmir semakin memperketat protokol kesehatan,” tambahnya. Sesuai dengan pengamatan, gerbang masjid ditutup dan masyarakat umum tidak diperbolehkan masuk ke area penyembelihan.

Takmir Masjid Al-Wustho juga mengajukan permohonan rekomendasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban kepada KUA Kec Banjarsari. Sesuai ketentuan, penyembelihan hewan kurban tidak dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) harus memiliki rekomendasi dari KUA Kecamatan setempat. Purwanto, selaku takmir menjelaskan perihal proses pembagian daging kurban. “Ya, setelah proses diselesaikan maka panitia mengantarkan langsung daging kurban kepada para warga yang berhak, door to door ,” tuturnya. (may/bd)