Targetkan Juara Umum

Magelang (inmas) – Gelaran Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 yang berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Magelang berlansung dengan baik dan sukses, seluruh peserta dapat hadir tepat sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan panitia, proses pelaksanaan kompetisi dari mata pelajaran (mapel) umum sampai dengan agama berjalan dengan baik. Antusiasme peserta, pendamping dan penonton sangat tinggi, dengan selesainya kompetisi tiba waktunya dewan juri untuk melakukan koreksi terhadap seluruh hasil pekerjaan para peserta semua, nampak harapan segera diumumkannya hasil kompetisi tersebut.

Sesuai dengan tema KSM tahun 2017 Menyiapkan Generasi yang Unggul Berwawasan Global, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kudaifah mengungkapkan bahwa melalui ajang KSM semacam ini Kementerian Agama terus berupaya dalam rangka meningkatkan akses dan mutu pendidikan madrasah bagi siswa maupun tenaga pendidik. “Selaras dengan tema KSM tahun 2017, yang merupakan upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan pada madrasah baik untuk kualitas peserta didik maupun tenaga pendidiknya,” ucap Kudaifah saat menutup ajang KSM tahun 2017, Selasa (23/05).

Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah sudah sangat baik dan penuh dengan sportifitas, harapannya upaya serius Kanwil dalam mencari bibit siswa-siswi berprestasi dalam hal sains akan benar-benar terwujud, sehingga siapapun nantinya yang menjadi duta mewakili Jawa Tengah dalam KSM tingkat Nasional mampu membawa amanah masyarakat Jawa Tengah untuk meraih prestasi yang gemilang pada ajang tersebut.

“Pelaksanaan KSM tingkat provinsi di MAN 1 Magelang ini berjalan baik dan lancar, peserta kompetisi, pendamping, pengawas dan dewan juri disaksikan sama-sama menjunjung tinggi integritas dan sportifitas serta hasil dari masing-masing bidang lomba sangat memuaskan, sehingga siapapun yang terpilih sebagai peserta terbaik tentunya akan masuk dalam Kontingen Jawa Tengah mewakili ajang KSM tingkat Nasional,” tegas Kudaifah.

Ditambahkan, bagi adik-adik peserta yang setelah diumumkan nanti belum bisa masuk dalam tiga besar terbaik diharapkan tidak berkecil hati karena masih banyak kesempatan dan peluang di waktu mendatang serta tidak hanya pada ajang KSM ini saja, ada cabang-cabang lain yang memungkinkan adik-adik semua untuk mengukir prestasi seperti AKSIOMA dan PPMN. “Adik-adik semua bisa hadir disini sudah merupakan siswa-siswi berprestasi pilihan masing-masing kabupaten/ kota, hanya saja pada ajang ini adik-adik semua harus berkompetisi untuk menentukan yang terbaik sebagai duta Jawa Tengah pada ajang serupa di tingkat nasional, jadi jangan ada yang berkecil hati karena belum terpilih dan jangan pula sombong karena berhasil menjadi yang terbaik,” tambah Kudaifah memberikan semangat pada peserta KSM.

Optimis Raih Juara Umum

Terkait hasil kompetisi sains, Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pendidikan Madrasah akan intens dalam memberikan dukungan dan pembinaan demi kesiapan siswa-siswi dalam mengikuti ajang tingkat nasional nantinya. Pastinya melalui anggaran yang tersedia pada DIPA Bidang Pendidikan Madrasah siswa-siswi terbaik akan digabungkan dalam Kontingen Jawa Tengah dan difasilitasi penuh untuk mewakili Jawa Tengah berangkat ke Yogyakarta mengikuti KSM tingkat nasional.

“Setelah ini kita akan kumpulkan siswa-siswi terbaik satu untuk dilakukan pemantapan melalui pemusatan latihan di tempat yang representatif dengan dukungan pelatih-pelatih yang berkualitas untuk memberikan penguatan dalam mempersiapkan siswa-siswi mengikuti KSM tingkat nasional mendatang, kita akan total dalam mempersiapkan hal tersebut dan tentunya kita tidak akan rela juara umum KSM Nasional nantinya jatuh ke kontingen lain selain Kontingen Jawa Tengah,” tegas Kudaifah penuh semangat mengakhiri sambutan. (gt/gt)