Tarling Ramadan, Media Mendekatkan Kemenag Dengan Masyarakat

Klaten-Mengawali kegiatan dalam bulan Ramadan pada tahun 2018, jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengadakan safari ramadaan dan tarawih keliling (tarling) di wilayah Kabupaten Klaten.

Pada pelaksanaan pelaksanaan kedua safari ramadan dan tarawih keliling, jajaran Kemenag Klaten yang dipimpin oleh Kepala Kemenag Klaten, yang didampingi oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam serta ASN Kemenag Klaten, serta jajaran Pemda Kabupaten Klaten  mengunjungi jamaah Masjid Al Barokah Dk Bawak Japan Desa Talang Bayat Klaten, Senin (21/5).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif mengatakan, tarling merupakan kegiatan yang dilakukan setiap bulan Ramadan. Untuk itu, Kemenag Klaten melakukan shalat berjamaah di masjid yang ditunjuk dari perwakilan Kecamatan. Selain itu, kegiatan tarling tersebut merupakan salah satu ajang untuk bersilaturahim di bulan Ramadhan.

“Kegiatan tarling sudah menjadi agenda rutin di ramadan yang akan dilaksanakan dalam delapan kali putaran. Insya Allah, kegiatan tersebut dapat menjadi sarana silaturahmi dengan warga Klaten. Terlebih dilakukan saat Ramadan, sebab silaturahim adalah suatu bentuk ibadah yang wajib dilakukan sesama umat muslim,” tandas Masmin.

Melalui kegiatan safari ramadan dan tarawih keliling menjad salah satu media bagi pemangku kepentingan pemerintah Kab. Klaten untuk dapat mendengar dan menyerap aspirasi dari masyarakat

“Kegiatan tarling merupakan satu kesempatan yang sangat bagus bagi pejabat untuk mendekatkan diri dan mengenal kehidupan rakyatnya. Sebaliknya, di sisi masyarakat, seringkali forum tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung,” terang Masmin.

Menurut Masmin dengan kehadiran mereka, diharapkan semua aspirasi yang masuk dari masyarakat dapat didengar dan langsung diketahui oleh Kepala Instansi terkait. “Harapannya jelas, bila memungkinkan untuk segera ditindaklanjuti,” lanjutnya. Atau bila muncul masalah di lapangan, masyarakat menjadi jelas karena diberikan informasi mengenai duduk permasalahannya secara langsung.

Masmin berharap, seluruh kegiatan Kemenag Klaten di bulan Ramadan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Klaten. Selain juga lebih mendekatkan Kemenag dengan warga masyarakat Klaten lewat kegiatan tarling yang akan diisi dengan materi dakwah, agar masyarakat dapat semakin menjadi manusia yang ebih religius.

Disela-sela tarling, Kepala Kankemenag Klaten memberikan bantuan secara simbolis berupa Al Quran untuk jamaah masjid Al Barokah.(aj/Wul)