Tasyaruf 150 Juta Untuk Guru Honorer Dan Marbot Masjid

Surakarta – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-73,  Baznas melakukan pentasyarufan kepada para guru dan marbot masjid melalui UPZ Kemenag senilai 150 juta rupiah. Pentasyarufan pertama berupa pembagian sembako kepada 115 orang, selesai upacara bendera di halaman MTsN 2 Surakarta, Kamis (3/1), dan yang kedua kepada guru RA. MI, MTs, MA  dan Marbot masing-masing 30 orang, Jumat (4/1) kemarin.

Demikian disampaikan Ketua UPZ Kemenag Kota Surakarta, Syamsuddin, yang menjabat Kepala Sub Bag TU Kantor Kemenag Kota Surakarta. Syamsuddin menambahkan 115 paket sembako yang dibagikan selepas upacara kepada yang berhak itu senilai @ dua ratus ribu rupiah terdiri dari beras 5 Kg, minyak, gula, teh, dan mi instan.

Adapun penyerahan bantuan untuk para guru dan marbot yang berjumlah 150 orang itu, masing-masing memperoleh uang tunai senilai Rp.500 ribu, dilaksanakan di Aula Kemenag Surakarta, selesai sholat Jum’at (4/1).

“Setiap tahun dan sudah berjalan beberapa tahun ini, setiap HAB Kita melakukan pentasyarufan yang diambil dari zakat pegawai di lingkungan Kemenag,” ujar Syamsudin.

Syamsudin menambahkan pentasyarufan itu berasal dari zakatnya para pegawai kemenag termasuk ada madrasah dan lain sebagainya yang dikelola Baznas.

“Khusus yang kita ambil itu dari pegawai dilingkungan Kementerian Agama,” imbuhnya lagi.

Adapun tujuan dari berbagi  dengan para penerima bantuan itu, menurut Syamsuddin, adalah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap rekan-rekan guru non PNS yang belum sertifikasi dengan masa pengabdian yang sudah lama.

“Ada yang sudah mengabdi selama 10 tahun, 15 tahun ada yang macam-macam,” jelasnya.

Terhadap bantuan yang disalurkan itu, Syamsudin berpesan mudah-mudahan bisa diterima dengan ikhlas dan senang hati meskipun nilainya tidak seberapa.Hadir pada acara tersebut Ketua Baznas Surakarta, UPZ, dan semua Kepala Seksi dari Kantor Kemenag Surakarta.  Acara ditutup dengan ramah tamah dan makan bersama. (rma/wul)