Teladani Perjuangan Para Pahlawan Dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73

Pati РDalam rangka peringatan yang ke-73 Hari Pahlawan,  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati menyelenggarakan upacara yang dihelat di halaman kantor setempat, Sabtu (10/11/2018). Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini, diikuti oleh para pejabat struktural maupun fungsional serta JFU pada Kantor Kementerian Agama Kab. Pati. Dengan khidmad, para peserta mengikuti upacara yang mengusung tema Semangat Pahlawan Di Dadaku.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati Imron selaku pembina upacara, dalam amanatnya kepada para peserta upacara menyampaikan tentang bagaimana para penerus bangsa harus bersikap. Mental yang baik merupakan harta karun penting bagi para generasi sekarang. Investasi material saja tidaklah cukup bagi sebuah bangsa, investasi mental merupakan hal yang lebih penting, sehingga dibutuhkan revolusi mental dan kita harus lebih percaya pada bangsa sendiri, tuturnya.

Tidak hanya itu, upacara peringatan kali ini juga diselingi lagu wajib nasional salah, satunya adalah lagu satu nusa satu bangsa, yang dinyanyikan oleh Paduan Suara Kankemenag Kab. Pati.

Dengan upacara peringatan hari Pahlawan ini, para ASN dapat kembali mengingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Dimana perjuangan para pahlawan pada 10 November 1945 merupakan aksi besar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Aksi ini merupakan simbol penolakan terhadap usaha kolonial untuk menguasai kembali negara Indonesia. Rasa perjuangan para pahlawan inilah yang perlu dimiliki oleh generasi sekarang, paparnya.

Sementara statemen KaSubbag TU Ahmad Syaiku, yang disampaikan setelah pelaksanaan upacara bendera mengatakan, Hal yang perlu diteladani oleh generasi sekarang, yaitu agar mereka lebih mempunyai mental dan terus berjuang, yang terpenting bukan hanya untuk diri-sendiri. Yang penting juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa memiliki bangsa untuk membangun bangsa. Hujan batu di negeri sendiri lebih baik daripada hujan emas dinegeri orang, jika orang mempunyai jiwa nasionalisme maka dia tidak akan meninggalkan negaranya apapun yang terjadi, tandasnya.

Dengan adanya upacara peringatan ini, diharapkan para ASN Kemenag Pati mampu meneladani rasa perjuangan para pahlawan dan mampu menjadi pahlawan bagi masyarakat, bangsa dan negara, harapnya. (Am/bd)