Telah terbit, Buku Karya Siswa MTsN 2 Rembang

MTsN 2 Rembang – Kegembiraan terpancar pada wajah siswa-siswi MTs Negeri 2 Rembang. Sesaat setelah Upacara Hari Santri Nasional dengan didampingi Koordinator Tim Literasi, Kepala Madrasah Muhammad Yunus Anis membuka paket dari Nyalanesia di depan siswa-siswi.

Dari rasa penasarannya seketika berubah menjadi teriakan gembira saat Yunus Anis mengeluarkan isi paket yang berada di dalam kardus. Yunus Anis memperlihatkan isi kardus itu yang ternyata buku karya siswa yang telah selesai dicetak “Antologi Puisi Mengintip Rindu”.

Buku ini adalah karya perdana siswa yang telah dicetak dan diterbitkan melalui program Gerakan. Sekolah Menulis Buku yang diselenggarakan oleh Nyalanesia. “Selamat untuk anak-anak yang telah menghasilkan karya literasi untuk madrasah,” kata Yunus Anis yang disambut tepukan dan teriakan kebahagiaan.

Yunus Anis berharap, kedepannya akan disusul penulis-penulis muda yang berani berkarya sehingga mewarnai kegiatan literasi madrasah. “Jangan pernah bosan untuk terus berkarya,” pesan Yunus Anis.

Lebih lanjut Yunus Anis menyampaikan, buku karya siswa yang sudah terbit dan baru dicetak sebanyak 50 eksemplar akan menjadi salah satu bahan referensi di dalam perpustakaan madrasah. Namun bila ada yang berkeinginan memiliki buku bisa dilakukan secara online melalui GMB-Store.

Slamet Winarto, selaku guru koordinator juga menjelaskan, ada tiga siswa MTs Negeri 2 Rembang yang terpilih sebagai kandidat untuk maju berkompetisi sebagai Duta Literasi Nasional yang akan digelar di bulan Maret 2022 yang akan datang.

Perhelatan inisebagai puncak acara penganugerahan penghargaan nominator terbaik dari Nyalanesia. Menurut Slamet Winarto, penilaian dalam kompetisi ini adalah suatu rangkaian proses dalam waktu hampir satu tahun. Bukan hanya hasil karya yang dinilai tetapi juga keaktifan dalam mengikuti rangkaian kegiatan seperti Workshop, Website literasi, video kegiatan maupun bentuk lain melalui media sosial. Selain buku siswa juga akan segera tetbit buku-buku karya guru. (Wient)