Temanggung Sepakati, Pelaksanaan Ujian SD dan MI di Bersamaan

Temanggung Kantor Kementerian Agama dan Dindikpora Kabupaten Temanggung gelar Rakor Pesiapan USBN SD/MI di Aula Dindikpora Kabupaten Temanggung, Jum'at (22/02). Kegiatan tersebut dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama, Kabid Dikdas Dindikpora serta pengawas SD dan MI.

Dalam kesempatan tersebut Surip Iriyanto selaku Kabid Dikdas menjelaskan bahwa tahun 2019 ini ujian akan dilaksanakan di bulan April 2019. Untuk pengadaan dan penggandaan soal biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung.

“Kami sudah bersepakat dengan pihak Kantor Kementerian Agama bahwa penggandaan soal ujian USBN SD dan MI dibiayai oleh Pemkab melalui Dinas Pendidikan. Akan tetapi biaya pengawasan dan pemeriksaan untuk MI ditanggung oleh masing-masing Madrasah dengan memanfaatkan dana BOS,” ungkap Surip.

Hal ini diiyatakan oleh Munsiri, Kasi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang akan memberi instruksi kepada Kepala MI untuk menggunakan dana BOS dalam pelaksanaan ujian.

Dalam rakor yang dipandu oleh Tri Haryono selaku Kasi Kesiswaan Dindikpora disepakati beberapa hal, antara lain : pertama pengawasan ruang USBN tahun 2019 silang antara SD dan MI. Kedua, semua anggaran untuk kegiatan USBN dan UAMBN untuk MI agar dianggarkan lewat BOS, dan ketiga revisi DNS peserta ujian terakhir hari Jum’at, tanggal 1 Maret 2019, karena setelah tanggal 1 Maret 2019, aplikasi DNS akan ditutup. Keempat, sekolah madrasah  harus menyediakan tiga dokumen penting yang harus ada di madrasah yaitu, Permendikbud nomor 4 Tahun 2018 tentang penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, Keputusan BSNP no. 0297/skep/BSNP/XI/2018 tentang kisi-kisi USBN tahun 2019 dan POS USBN no. 0048/BSNP/XI/2018. Disamping itu dokumen dan administrasi ujian yang lain juga harus disiapkan dengan baik.

Selanjutnya Tri Haryono mengharapkan agar sekolah dan madrasah menyiapkan itu semua demi sukses penyelenggaraan ujian. Diakhir penjelasanya dia menyebutkan bahwa pengumuman kelulusan pada Rabu, 12 Juni 2019. (nm/gt)