Terapkan Pemanfaatan E-Planning Untuk Perencaan Yang Akurat

Banjarnegara ­– Intansi/ Kementerian dalam Perencanaan Kinerja dan Anggaran mulai memanfaatkan aplikasi yang berbasis online yakni E- Planning juga Kementerian Agama. Rencana Kerja & Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) di input ke aplikasi dan verifikasi dilakukan oleh Perencana Kemenag, berdasarkan kebutuhan.

Sebagai aplikasi berbasis online, E-planning bertujuan untuk menggali potensi Satker dengan disertai data pendukung sehingga asumsi anggaran yang dibutuhkan untuk tahun mendatang bisa diketahui dengan pasti. Disini e-plannig juga berfungsi untuk mendata semua komponen dan kebutuhan Satker di Madrasah.

Kemarin (17/07) diadakan acara sosialisasi  terkait aplikasi ini untuk Satker di lingkungan Kankemenag Banjarnegara di Aula Kantor yang ikuti oleh pelaksana perencana di setiap Satker Kemenag Banjarnegara.

Setiyadi Perencana Madya Kankemenag kabupaten Banjarnegara dalam kegiatan sosialisasi mengharapkan kepada para satker untuk bisa mempelajari dan memahami bagian-bagian yang ada dalam aplikasi. “Juknis yang sudah ada merupakan pedoman nantinya dalam mengoperasikan aplikasi tersebut,” jelasnya.

Keakuratan dan kebenaran data entri pada aplikasi nantinya akan menjadi informasi yang yang benar akurat juga dalam laporan pelaksanaan kinerja dan penggunaan uang negara, disini dibuatkan aplikasi agar dapat di akses dengan mudah dan dapat dipertanggungjawabkan dengan sempurna.

Dengan otomatisasi yang ada, dan perencanaan anggaran berbasis online, diaplikasikan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan manual. Juga kedepan diharapkan admin atau operator dalam menginput data yang benar dan valid, “Kevalidan data berdampak pada penentuan pagu dalam penyusunan RKA-KL 2018, dalam pengerjaannya RKA-KL harus melakukan pengisian melalui e-planning,” terangnya (nangim)