Tes Kompetensi Tahap Pertama calon petugas haji digelar

Semarang – Menjadi petugas haji merupakan hasrat bagi banyak orang, disamping ingin mendarmabhaktikan diri dalam melayani duyufurrahman (tamu Allah), sekaligus juga membuktikan secara langsung sejarah perkembangan Islam di kota asalnya Mekkah dan Madinah.

Sesuai dengan edaran dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tentang Rekrutmen Petugas yang menyertai Jemaah Haji meliputi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Pelaksananaan rekrutmen petugas ini serempak dilaksanakan di seluruh Indonesia, untuk seleksi administrasi sudah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 23 s.d. 25 Maret 2015 dan hasil dari seleksi administrasi sudah diumumkan pada tanggal 27 Maret 2015 yang lalu.

Hari ini 1 April 2015 serempak di Kanwil dan 35 Kankemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah melaksanakan Tes Kompetensi Tahap Pertama, yang meliputi tes tertulis dan wawancara dengan materi terkait manajemen penyelenggaraan haji, manasik haji dan bahasa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Drs. H. Maksum, ada sebanyak 65 orang pendaftar yang tercatat pada seleksi administrasi kemarin dengan rincian 4 orang pendaftar untuk TPHI, 49 orang pendaftar untuk TPIHI dan 12 orang pendaftar untuk PPIH Arab Saudi. Dari 65 orang pendaftar tersebut ada 57 orang yang lulus seleksi administrasi dan 8 orang yang gagal dalam seleksi administrasi tersebut.

Adapun hasil dari tes kompetensi tahap pertama ini akan diumumkan pada Senin 6 April 2015, bagi nama-nama yang berhasil lolos pada tes kompetensi tahap pertama ini nantinya akan  mengikuti tes kompetensi selanjutnya pada Raqbu 15 April 2015. (gt)