Tes Standard Upaya Kontrol Kualitas MAN 1 Surakarta

Surakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas siswa/siswi kelas unggulan boarding school dan full day, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta menggelar tes standard, Selasa (23/5). Tes standard ini merupakan tes standard kedua dan diadakan menjelang ujian kenaikan kelas (UKK).

Menurut kepala MAN 1 Surakarta, Hariyadi Purwanto, tes standard merupakan mekanisme kontrol atas kualitas siswa/siswi kelas unggulan.

“Kami selalu berkomitmen selalu meningkatkan kualitas siswa/siswi kelas unggulan dan tes standard adalah salah satu caranya,” kata Hariyadi.

Materi yang diujikan dalam tes standard adalah materi tutorial sore. Menurut pengelola kelas unggulan MAN 1 Surakarta, Wardimin, soal terdiri dari bahasa inggris, matematika, kimia, fisika, biologi, ekonomi, geografi, qur’an, hadist, dan ilmu tafsir. ” Kelas unggulan kami terdiri dari program IPA, IPS, dan Keagamaan,” paparĀ  Wardimin.

Siswa mengerjakan soal sesuai dengan program masing-masing. Untuk program IPA dan IPS, madrasah bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar Primagama, sedang program keagamaan disusun oleh madrasah.

Wardimin menyampaikan bahwa tujuan diadakanya tes ini agar siswa/siswi lebih terfokus menghadapi UKK karena suasana belajar sudah diciptakan dengan tes standard. Harapannya agar nilai UKK juga maksimal.

Menurut siswa kelas XI IPA 5 fullday, Ice Cintiana, dirinya merasa senang dengan adanya tes standard karena akan lebih bersiap lagi menghadapi UKK, harapannya agar nilai UKK memuaskan dan bisa naik kelas.

“Soal-soal tes standard yang dari primagama ini sangat kompleks, sehingga saya terpacu untuk belajar lebih giat,” katanya. (ma1-abc/wul)