Tetap Ceria, Meski Diberangkatkan Dini Hari

Boyolali – Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali hampir tidak mengenal waktu istirahat, sejak pagi hingga tengah malam ada saja lalu-lalang kegiatan yang dilakukan baik oleh Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Mitra Kerja maupun calon jemaah haji (CJH). Seperti halnya nampak pada Rabu malam (31/08) di selasar jalan dari Gedung Makkah dan Madinah lokasi pemondokan CJH selama di Asrama menuju Gedung Muzdalifah tempat dimana CJH akan mengikuti prosesi upacara pelepasan untuk diberangkatkan menuju Tanah Suci.

Rencananya Kamis dini hari (01/09) CJH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 60 yang terdari dari 220 jemaah asal Kabupaten Wonosobo, 98 asal Kabupaten Purworejo dan 37 asal Kabupaten Kebumen berjumlah 355 jemaah dan 5 petugas kloter akan diterbangkan menuju Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Sekalipun malam namun tampak rona keceriaan dan kebahagiaan dari raut wajah jemaah, harapan untuk dapat berkunjung ke Baitullah sebagai dhuyufurrahman sudah lama diimpikan, kini tinggal beberapa saat lagi mereka akan tiba di tempat turunnya agama Islam.

Menurut catatan, sejak masuk asrama pada Rabu (31/08) pukul 07:00 WIB melalui proses penerimaan, PPIH menerima dari petugas daerah jemaah kloter 60 sebanyak 360, setelah melewati pengecekan kesehatan seluruh jemaah dalam kondisi yang sehat dan tidak ada yang harus dirawat baik di poliklinik maupun rumah sakit yang ditunjuk, dan kini pada saat akan diberangkatkan juga tetap utuh berjumlah 360. Selanjutnya jemaah akan diangkut dengan bus yang telah disediakan pihak PPIH menuju Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 6016 pada pukul 00:35 WIB dini hari.

Informasi Masa Pemberangkatan

Hingga Rabu malam (31/08), PPIH Embarkasi Solo telah menerima 62 kloter berjumlah 22,275 jemaah, dan telah memberangkatkan 59 kloter berjumlah 21,147 jemaah, berdasarkan laporan dari petugas PPIH Arab Saudi CJH dari embarkasi Solo telah mendarat di Arab Saudi sebanyak 58 kloter berjumlah 20,787 jemaah. Adapun sejak pemberangkatan CJH gelombang I dari kloter 1 hingga kloter 34 seluruhnya sudah meninggalkan Madinah dan masuk ke Mekkah.

Sedangkan dari catatan Bidang Kesehatan hingga malam ini tercatat 10 jemaah masih dirawat di rumah sakit, 6 diantaranya dirawat di Rumah Sakit Moewardi dan 4 dirawat di Rumah Sakit TNI AU. Untuk jemaah wafat hingga berita ini dilansir Embarkasi Solo tercatat 3 jemaah yang wafat, 1 orang dari kloter 18 Kabupaten Wonogiri, 1 orang dari kloter 1 Kabupaten Tegal dan 1 orang dari kloter 3 Kabupaten Batang. (gt/gt)