Tiga Pesan Akhir Ramadhan

Slawi –  Mengakhiri rangkaian kuliah dhuhur pada bulan ramadhan yang diadakan  di Kantor Kementerian Kab Tegal, Kamis, (22/06) dengan  menghadirkan Muhammad Syamsul Azhar penyuluh Agama Islam fungsional sebagai narasumber. Dalam memberikan materi, Syamsul Azhar menyampaikan tiga pesan menjelang kepergian bulan Ramadhan.

Dalam menyampaikan  pesannya yang pertama, syamsul selalu mengingatnya ketika telah pergi dengan cara menjalankan puasa-puasa sunah pada bulan-bulan yang lain. Selain menjalankan perintah Alloh Swt puasa mempunyai manfaat yang tidak sedikit. Manfaat puasa sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh. Terlebih apabila berpuasa di bulan Ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Kedua, agar memperbanyak membaca Al Qur’an sebagaimana banyak dilakukan pada bulang suci Ramadhan. Sebaik baiknya buku adalah Alquran yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berprilaku baik, kejujuran, kebaikan dan lain lain. Membaca Alquran dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran agar selalu menjadi tenang.

Ketiga, dengan memperbanyak menyayangi fakir miskin sebagaimana pada bulan Ramadhan yang diakhiri membayar zakat dengan mengaplikasikan sedekah, dan amalan sholih lainnya. Dengan membayar zakat selain berguna membersihkan diri dan harta orang yang mengeluarkan zakat, manfaat yang paling besar tentu saja membantu orang tak mampu dan memperbaiki masalah sosial kemasyarakatan.

Lebih lanjut, Plt. Kepala Kankemenag Kab. Tegal Nurrotib menambahkan bahwa,” Ramadhan adalah bulan untuk ‘mengasah’ jiwa, ‘mengasah’ ketajaman pikiran dan kejernihan hati, sehingga dapat ‘membakar’ sifat-sifat tercela dan ‘lemak-lemak dosa’ yang ada dalam diri kita.” ucapnya. Dengan Ramadhan mari kita tunjukan diri sebagai Aparatus Sipil Negara yang berintegritas. (za/rf)