Tiga Siswa MAN 1 Cilacap Mengikuti Perkemah Ilmiah Remaja Nasional

Cilacap- Sebanyak tiga siswa dan pembina KIR Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap terpilih untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke – XVII yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia(LIPI) dari 8 – 15 Juli 2018. Untuk tahun ini diselenggarakan di SMKN 3 Purbalingga, Jl. Letjen Sudami RT 01/RW 01 Purbalingga Lor

            Kepastian terpilihnya tiga siswa dan pembimbing KIR MAN 1 Cilacap  berdasarkan surat nomor: B-4864/SU.3/um.01/v/2018 tentang Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional(PIRN) XVII Tahun 2018 yang ditanda tangani  oleh Kepala Biro Kerjasama Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtya, MA.

            “ Alhamdulillah kita dipercaya oleh LIPI untuk mengikuti kemah ini untuk mewakili Cilacap. Peserta dari Cilacap yang ditunjuk hanya MAN 1 Cilacap dan SMKN 1 Nusawungu. Dan yang membuat kami bahagia karena pesertanya mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua, tentu akan sangat bermanfaat untuk bertukar ide-ide kreatif dalam penelitian maupun pembimbingan siswa”, ujar Eli Widoyo Retno selaku pembimbing KIR.

            Mekanisme penunjukan sendiri yaitu dengan mengajukan dahulu kepada LIPI sebagai peserta perkemahan yang terdiri dari satu guru pembimbing dan tiga dari siswa. Adapun siswa yang terpilih yaitu Anjar Tri Wuryani, Isti Setianingsih dan Rizkya Yulinatus Sifaul Hikmah semuanya adalah siswa kelas XI-IPA 1 yang sudah aktif menggeluti KIR sejak kelas X.

“Peserta PIRN ke – XVII 2018 sejumlah 600 dari 2000 lamaran yang masuk yang berasal dari 32 Provinsi seluruh Indonesia. Dan selama sepekan kami akan digembleng seputar materi penelitian”, imbuh Eli Widoyo Retno.

            Materi selama seminggu baik peserta siswa maupun pembimbing seputar tentang penelitian. Hari pertama setelah registrasi peserta diberi materi ice breaking sebagai pengantar. Hari kedua tentang Metodologi Penelitian dilanjutkan berikutnya berturut-turut Persiapan Penilitian Lapangan; Pengumpulan Data/Penelitian Lapangan; Pengolahan Data; Analisis, Penulisan KIR dan Persiapan presentasi; pengolahan; Science Show dan Presentasi Laporan. Untuk bimbingan pada materi akhir sedikit berbeda untuk hari akhir yaitu materi pembuatan film sains dan field trip.(Agus Es/bd)