Tim Riset MTs N 1 Banjarnegara Borong Medali Internasional

Banjarnegara – Tim riset merupakan salah satu tim penelitian yang ada di MTs Negeri 1 Banjarnegara (Madtsansa). Tidak hanya tim riset, MTs Negeri 1 Banjarnegara juga terdapat kelas riset yang merupakan salah satu kelas unggulan. Baik tim riset maupun kelas riset, mereka bergelut dalam dunia penelitian. Mulai dari penelitian bidang sains, bidang keagamaan, hingga bidang humaniora.

Tiga tim riset MTs Negeri 1 Banjarnegara mengikuti kompetisi di tingkat internasional. Mereka merupakan siswa siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara yang dibimbing oleh Tri Widayati dan Musfiatul Muniroh. Tidak tanggung-tanggung, pembina dan peserta dari MTs Negeri 1 Banjarnegara rela pulang hingga sore untuk mempersiapkan kompetisi ini.

Kompetisi bertajuk International Science and Invention Fair (ISIF) merupakan kompetisi tingkat internasional yang diikuti oleh siswa dari berbagai belajah dunia. Pelaksanaan lomba ini diawali dengan mengunggah extend abstak oleh masing-masing kelompok. Selanjutnya, masing-masing kelompok melakukan presentasi melalui aplikasi zoom meeting pada Selasa, (26/10/2021)

Setelah melaksanakan presentasi, pada Senin, (1/112021) tim riset Madtsansa berhasil memborong medali. Tiga tim riset ini mendapatkan tiga medali perak dengan rincian judul penelitian mereka yaitu Internalization of Environmrntal Moral Literacy with PBLHS (Environment Cultured Behavior in Schools) at MTs Negeri 1 Banjarnegara, Smart Gardening System by Android (SMAGASA), dan Preservation Javanese Culture Millaneal Era Trough “JACKRONIK”.

Tri Widayati, salah satu pembimbing tim riset ini merasa senang dan tidak menyangka anak didiknya bisa memperoleh medali.

“Sungguh di luar dugaan, anak-anak bisa memperoleh medali perak. Hal yang sangat membanggakan bagi saya pribadi mengingat ini merupakan ajang internasional pertama yang mereka ikuti. Ternyata usaha memang tidak pernah menghianati hasil,” tutur Tri Widayati.

Tak kalah bangga, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan banyak terima kasih kepada tim yang sudah berjuang di ajang internasiona.

“Rasa bangga saya kali ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Perjuangan tim riset ini sungguh luar biasa, ketiga tim mendapatkan medali perak. Ini merupakan awal yang menantang dan semoga ke depannya bisa mengikuti ajang internasional lagi dan mendapat hasil yang lebih baik,” ujar Eko Widodo.

Dengan capaian kompetisi internasional ini diharapkan bisa menjadi refleksi tim riset MTs Negeri 1 Banjarnegara. Akan ada kompetisi lain tingkat internasional yang siap diikuti oleh tim riset Madtsansa. Harapannya hasil dari kompetisi ini akan menjadi bekal di bidang penelitian bagi siswa riset MTs Negeri 1 Banjarnegara untuk dilanjutkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (ak/rf)